23 January 2023, 22:58 WIB

Langkah Aldila/Kato Terhenti di Babak Ketiga Australia Terbuka


Rifaldi Putra Irianto |

LANGKAH petenis putri Indonesia Aldila Sutjiadi bersama rekannya petenis Jepang Miyu Kato di Australia Terbuka 2023 terhenti di tangan unggulan kedua ganda Amerika Coco Gauff/Jessica Pegula, Senin (23/1).
 
Pada pertandingan babak ketiga atau 16 besar, Aldila/Kato, yang  merupakan unggulan ke-16, harus mengakui keunggulan petenis nomor tiga dan tujuh dunia saat ini Pegula dan Gauff dengan 4-6, 2-6.
 
Aldila/Kato memberikan perlawanan sengit pada set pertama. Duo Asia itu mempersulit duet Amerika tersebut dengan menyamakan kedudukan 1-1, dan kemudian memimpin 2-1.
 
Sempat unggul pada kedudukan 4-3, Aldila/Kato akhirnya terkejar Gauff/Pegula yang menyusul 4-4 untuk kemudian menyelesaikan set pertama.
 
Pada set kedua, Gauff/Pegula mendominasi hingga memimpin 4-1. Tak ingin menyerah begitu saja, Aldila/Kato mengatasi ketertinggalan 2-5. Namun, pukulan Aldila yang bersarang di net membawa keuntungan bagi ganda Amerika tersebut untuk mengunci kemenangan.


Baca juga: Aryna Sabalenka Injakkan Kaki di Perempat Final Australia Terbuka

 
Dapat melaju hingga babak ketiga atau mengamankan tempat di 16 besar besar ganda Australia Terbuka 2023 merupakan hasil terbaik Aldila sejauh ini dalam berlaga di turnamen major.
 
Pada 2022, Aldila mengikuti empat turnamen grand slam untuk nomor ganda. Terhenti pada babak pertama Australia Terbuka, Aldila melangkah hingga babak kedua di Prancis Terbuka.
 
Di Wimbledon dia terhenti pada babak pertama. Namun, Aldila memiliki catatan lebih baik di AS Terbuka dengan melangkah hingga babak kedua.
 
Selanjutnya, Aldila melalui akun Instagram miliknya mengungkapkan bahwa dia telah memiliki rencana untuk mengikuti tur WTA tahun ini, antara lain WTA 250 Huahin, WTA 500 Doha, WTA 1000 Dubai, WTA 250 Monterrey/Austin, WTA 1000 Indian Wells, dan WTA 1000 Miami Open.
 
Selama 2022 Aldila juga telah mengantongi dua gelar juara WTA 125 di Colina, Cile, dan Tampico, Meksiko.
 
Petenis berusia 27 tahun itu juga memenangi gelar WTA 250 Copa Colsanitas di Bogota, Kolombia, tahun lalu, dan yang terbaru WTA 250 ASB Classic di Auckland, Selandia Baru, yang menjadi gelar pertamanya pada musim 2023. (Ant/OL-16)
 

 

BERITA TERKAIT