22 January 2023, 12:19 WIB

Majukan Prestasi Panjat Tebing Indonesia, 3R Sport Climbing Diluncurkan


Mediaindonesia.com |

PANJAT tebing adalah olahraga menantang yang mampu memberikan sederet manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Penelitian membuktikan jika olahraga ini mampu mengurangi stres dan meningkatkan stamina. Panjat tebing juga telah dijadikan ajang kompetisi internasional di seluruh dunia.              

Merespons minat yang terus meningkat terhadap panjat tebing, 3R Sport Climbing Club diresmikan pada 21 Januari 2023. 3R memiliki kepanjangan Rasio Rasa Reaksi. Sebelumnya 3R telah menjalankan beberapa program latihan bagi atlet muda yang bergabung menjadi anggota club, seperti Latihan Bolder, Latihan Lead dan Latihan Speed.

Menurut Head coach 3R Sport Climbing Sulaiman, saat ini club 3R tengah mempersiapkan tim atlet muda untuk mengikuti pertandingan open yang ada di tingkat Nasional maupun Internasional.

"Ini merupakan inisiasi pelatih dan orang tua atlet klub 3R agar bisa bergema di ajang nasional dan dunia," kata Sulaiman yang di acara  peresmian 3R Sport Climbing Club di Taman Wisata Pulau Situ Gintung Tangerang Selatan, Banten.

"Kami merumuskan suatu metode pembinaan yang mampu menghasilkan atlet muda berkualitas dengan penuh semangat perjuangan untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia dalam cabang olahraga Panjat Tebing," imbuhnya.

Baca juga : Bhayangkara Presisi Patahkan Dominasi LaVani

Menurut Ketua Club Muhamad Ridwan, 3R sport climbing didukung penuh oleh Induk Organisasi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat serta Kota Tangerang Selatan. 

"Misi kami adalah menciptakan atlet muda yang profesional melalui sistem latihan yang terprogram. Sedangkan visi kami jangka panjang, yaitu membentuk generasi muda yang sehat kuat jasmani maupun rohani, ulet, tangkas, cerdas, beretika dan berprestasi," paparnya

Dikatakan Ridwan, klub yang bersekretariat di Jl Cendrawasih No 37-38 Cipayung, Ciputat, kota Tangerang Selatan ini juga bekerja sama dengan PsySporte, dimana psikologi coach, atlet serta orang tua atlet akan dibangun untuk mendukung prestasi yang diharapkan. Saat ini club 3R sudah memiliki anggota sebanyak 19 orang atlet muda dengan rentang usia umur 6-15 tahun dengan komposisi lima atlet putra dan 13 atlet putri.

"Kami menerapkan metode pengajaran yang terintegrasi dan berkelanjutan. Disebut terintegrasi karena kami menerapkan latihan bolder, lead dan speed yang mengacu pada silabus sehingga pembelajaran anak-anak mempunyai tahapan dan target yang jelas. Dan disebut berkelanjutan karena seluruh latihan mereka akan terimplementasi melalui pertandingan terbuka di nasional dan pertandingan di luar negeri yang secara rutin terjadwal untuk diikuti," ucapnya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT