09 December 2022, 05:31 WIB

Veddriq Leonardo, Apriyani Rahayu, Hingga Utut Adianto Raih Penghargaan Golden Awards Siwo


Dhika Kusuma Winata |

SEKSI Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Siwo PWI) tahun ini kembali menggelar apresiasi kepada insan olahraga. Sejumlah atlet hingga pengurus federasi diberi penghargaan pada Malam Anugrah Olahraga Golden Awards V, yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (8/12) malam.

Atlet Terbaik Putra dianugrahkan kepada pemanjat tebing Veddriq Leonardo. Veddriq tahun ini berhasil mempertahankan prestasi sebagai juara dunia nomor speed. Adapun Atlet Terbaik Putri jatuh ke tangan pebulu tangkis Apriyani Rahayu.

"Terima kasih kepada Ketum FPTI, pemerintah, pelatih, rekan-rekan sesama atlet. Panjat tebing sebagai olahraga yang masuk DBON punya potensi untuk meraih medali di Olimpiade," kata Veddriq seusai menerima penghargaan.

Baca juga: Panglima TNI Dianugerahi Perwira Kehormatan oleh Australia

Pada kategori atlet muda, penghargaan Atlet Harapan Putra diberikan kepada petinju Maikhel Roberrd Muskita sedangkan Atlet Harapan Putri yakni perenang Flairene Candrea Wonomiharjo.

Sementara itu, Pembina Terbaik jatuh kepada Ketua Umum Percasi Grand Master Utut Adiyanto. Adapun Tim Terbaik yakni Timnas Voli Putra SEA Games 2021 sedangkan Pelatih Terbaik yakni Aceng Supendi (arung jeram).

SIWO PWI juga memberikan Lifetime Achievement Award kepada August Ferry Raturandang (tenis), Nelwan Rompies (karate), dan Justian Suhandinata (bulu tangkis).

Atlet Terbaik Putra Difabel diberikan kepada Fredy Setiawan (para-badminton), Atlet Terbaik Putri Difabel yakni Wening Purbawati (boccia), serta Pelatih Terbaik Difabel yakni Slamet Widodo (para-atletik).

Sejumlah apresiasi juga diberikan kepada kepala daerah. Pada kategori Gubernur Peduli Olahraga diberikan kepada Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru dan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor.

Kategori Bupati Peduli Olahraga yakni Bupati Lahat Cik Ujang, Bupati Penukal Abab Lematang Ilir Heri Amalindo, dan Bupati Malinau Wempi Wellem Mawa. Adapun pemenang penghargaan Tokoh Penggerak Olahraga yakni Mayjen TNI Hasanudin.

Menpora Zainudin Amali mengapresiasi terselenggaranya ajang apresiasi kepada para pelaku olahraga. Menpora menyampaikan peran media massa dalam turut mengembangkan olahraga nasional amat penting di tengah era Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang sudah dicanangkan pemerintah.

Selain untuk menyebarluaskan informasi, Menpora juga membuka tangan masukan-masukan untuk peningkatan prestasi olahraga nasional ke depannya. Ia berharap media massa juga terus menjaring suara-suara dari cabang olahraga.

"Aturan di bidang olahraga sudah sangat banyak tetapi kita pantau implementasinya belum juga menggembirakan kita. Harapan saya teman-teman di Siwo PWI selain menyosialisasikan, juga memberi masukan. Memberikan kritik kepada pemerintah misalnya ada yang belum jalan, ada yang kurang dan lain sebagainya," ujar Menpora.

Ketua SIWO PWI Pusat Gungde Ariwangsa mengatakan, Golden Award memiliki arti tersendiri. Golden adalah emas, sebuah penghargaan tertinggi di dunia olahraga. Jadi penghargaan malam ini dimana mereka yang terpilih telah melalui proses pemilihan yang ketat, hingga dibutuhkan voting, menandakan begitu bernilainya penghargan ini.

"Terima kasih kepada Menpora Zainudin Amali, pihak-pihak sponsor, yang telah mendukung hingga terselenggaranya acara ini. Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah membantu berbagai kegiatan SIWO pusat selama kepengurusan kami, stakeholder-stakeholder olahraga," kata Ariwangsa. (OL-1)

Penerima Penghargaaan

1. Kategori Atlet Harapan Putra dan Putri serta Lifetime Achievment
-Maikhel Roberrd Muskita
-Flairene Candrea Wonomiharjo
-Justian Suhandinata
-August Ferry Raturandang
-Nelwan Rompies

2. Kategori Penghargaan Bupati Peduli Olahraga
-Bupati Lahat, Cik Ujang SH
-Bupati Kab.Malinau, Wempi Wellem Mawa SE,
MH
-Bupati PALI, H Heri Amalindo

3. Kategori Tim Terbaik, Pelatih Terbaik dan Pelatih Terbaik Disabilitas
-Tim Bola Voli Putra SEA Games Vietnam
-Aceng Supendi
-Slamet Widodo

4. Kategori Pembina Terbaik, Gubernur Peduli Olahraga dan Penggerak Olahraga
-GM Utut Adianto
-Gub Kalimantan Selatan, Dr (HC) H Sahbirin Noor, SSos, MH
-Gub Sumatera Selatan, H Herman Deru SH, MM
-Mayjen TNI Hassanudin SIP, MM

5. Kategori Atlet Terbaik Putra, Putri serta Atlet Terbaik Putra Disabilitas
-Apriani Rahayu (Diwakili)
-Wening Purbawati
-Veddriq Leonardo
-Fredy Setiawan

 

BERITA TERKAIT