06 December 2022, 04:45 WIB

Jokowi Dapat Penghargaan dari Federasi Wushu Internasional


Basuki Eka Purnama |

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) menerima penghargaan Honorary 9th Duan of The International Wushu Federation atau Federasi Wushu Internasional (IWUF) Grading yang merupakan penghargaan peringkat tertinggi dari sistem penilaian wushu.

Wakil Presiden IWUF Anthony Goh mengatakan penghargaan tersebut diberikan sebagai pengakuan atas dukungan luar biasa dan kontribusi Presiden Jokowi untuk olahraga wushu.

"Suatu kehormatan bagi saya untuk menyambut Anda semua dalam Kejuaraan Dunia Wushu Junior (WJWC) edisi kedelapan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi," kata Anthony dalam upacara pembukaan WJWC 2022 di Nusantara Hall ICE BSD, Tangerang, Banten, Senin (5/12) malam.

Baca juga: Kejuaraan Dunia Wushu Junior Jembatan Menuju Olimpiade

Dalam kesempatan ini, Goh juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto.

"Terima kasih juga kepada semua panitia pelaksana, karena tanpa bantuan kalian kejuaraan mungkin akan sulit tercapai. Saya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga Tangerang. Semua sukarelawan dan juri yang menghidupkan turnamen ini," ujar Anthony.

Anthony mengungkapkan Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 menjadi istimewa karena diikuti 807 peserta terbaik dari 60 negara dan dua region (Hong Kong dan Macau) atau menjadi yang terbesar sejak pandemi covid-19.

Sementara itu, Presiden Jokowi, dalam sambutannya, mengatakan WJWC 2022 lebih dari sekadar persaingan, melainkan jembatan persahabatan untuk mempererat tali persaudaraan antarbangsa.

"Sebagaimana semangat unity in diversity, ajang kejuaraan ini bukan semata pertandingan. Kejuaraan ini adalah jembatan persahabatan untuk mempererat tali persaudaraan antarbangsa," kata Jokowi.

Jokowi juga mengucapkan selamat datang kepada semua peserta dan berharap bisa dimanfaatkan untuk lebih mengenal Indonesia.

"Saya ingin mengajak seluruh atlet untuk berlaga dengan gembira, bertanding secara sportif, menunjukkan kemampuan terbaik untuk meraih medali yang diharapkan," pungkas Jokowi. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT