04 December 2022, 14:11 WIB

Tur Final BWF, Indonesia Incar Target Awal Lolos Fase Grup


Dhika Kusuma Winata |

TIM bulu tangkis Indonesia bertolak ke Bangkok, Thailand, Minggu (4/12), untuk berlaga di ajang Tur Final BWF 2022 yang bergulir 7-11 Desember. Skuad Garuda membidik target awal untuk semua wakil yang berlaga minimal lolos fase grup.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky yang memimpin langsung keberangkatan mengungkapkan kondisi tim Indonesia siap untuk tampil dan tak ada yang mengalami cedera.

"Kondisi anak-anak baik dan sehat semua. Kita bersyukur mereka tidak ada yang cedera dan siap bertanding. Sesampainya di Bangkok, kita mungkin akan langsung menggelar latihan tapi tergantung juga kondisinya nanti," kata Rionny.

Rionny menyampaikan target awal untuk semua pemain lolos dari fase penyisihan grup terlebih dahulu. Melihat persiapan yang cukup baik, dia optimistis para pemain mampu melalui babak grup.

"Saya berpesan kepada mereka untuk menunjukkan daya juang dan percaya diri yang tinggi. Silakan bersaing di kesempatan ini apalagi semua sudah dipersiapkan di latihan," ucapnya.

Indonesia mendapat jatah tujuh wakil di ajang tersebut. Di sektor tunggal putra ada Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie sedangkan tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Di ganda putra ada pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Untuk ganda putri ada Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti sedangkan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Baca juga: Timnas RI Diharapkan Raih Lebih dari Satu Gelar di BWF World Tour Finals

Untuk tunggal putra dan ganda putra, PBSI berharap target maksimal yakni juara. Meski begitu, tak menutup kemungkinan sektor lainnya bisa melaju jauh.

"Target untuk tunggal dan ganda putra, saya harap mereka bisa maksimal, mereka adalah calon-calon juara. Untuk sektor lain, bukan tidak mungkin juga selama mereka siap, yakin, percaya diri karena yang main di World Tour Finals adalah yang terbaik. Yang penting bagaimana menjaga kondisinya," ungkap Rionny.

"Tapi yang pertama, saya maunya semua lolos grup dulu tapi bagaimana nanti melihat di undian dahulu," imbuhnya.

Undian grup baru akan digelar pada 5 Desember berbarengan dengan gala dinner. Jonatan Christie mengaku ingin memberikan yang terbaik pada turnamen penutup musim 2022 tersebut.

"Persiapan ke World Tour Finals secara kondisi sudah ok. Ini pertandingan terakhir di 2022 pastinya ingin kasih yang terbaik dan kasih yang maksimal," kata Jonatan.

"Untuk calon lawan kan sudah ada tapi nanti lebih diperhatikan ketika sudah keluar undian," imbuh Jonatan yang tahun ini baru mengemas gelar di Swiss Terbuka.

Senada dengan Jonatan, Anthony Sinisuka Ginting juga merasa sudah siap memberikan yang terbaik. Musim ini, Ginting meraih dua gelar juara di Hylo Terbuka dan Singapura Terbuka.

"Persiapan sudah cukup bagus. Kondisi saya juga baik dan siap untuk bertanding," kata Ginting.(PBSI/OL-5)

BERITA TERKAIT