02 December 2022, 21:48 WIB

Timnas RI Diharapkan Raih Lebih dari Satu Gelar di BWF World Tour Finals


Rifaldi Putra Irianto |

UNTUK pertama kali, Indonesia akan mengirimkan wakil di setiap sektor pada kejuaraan bulu tangkis BWF World Tour Finals. Skuad Merah-Putih tercatat bakal menurunkan 7 wakil di World Tour Finals edisi 2022, dengan kejuaraan akan berlangsung di Thailand pada 7-11 Desember.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky mengatakan, pihaknya menargetkan Indonesia dapat merebut satu gelar juara dari turnamen tersebut. Namun, dia berharap para atlet dapat memberikan lebih dari target yang dicanangkan.

"Minimal satulah (sektor ganda putra). Tapi harapan dua atau lebih. Karena dari tunggal putra, (Anthony) Ginting saya lihat dia kemarin juara (Hylo 2022). Jadi saya melihat ada peluang," tutur Rionny, Jumat (2/12).

Baca juga: Apriyani/Fadia Bertekad Tampil Maksimal di World Tour Finals

Terkait peluang ganda putra yang ditargetkan merebut gelar juara, Rionny mengaku optimistis hal itu dapat dicapai. Dia melihat Fajar Alfian/Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan telah melakukan persiapan maksimal untuk tampil di Thailand.

"Saya rasa dengan kualitas mereka, juga sudah melakukan persiapan maksimal. Saya rasa bisalah juara untuk ganda putra," imbuhnya.

Di luar dari ganda putra dan tunggal putra, Rionny mengungkapkan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva juga memiliki peluang untuk mengamankan gelar juara. Tampil pertama kali di World Tour Final, Rionny meyakini Apriyani/Fadia tidak akan menyianyiakan kesempatan emas tersebut.

Baca juga: Atlet Kayak Mancanegara dan Nasional Ramaikan Toba Caldera IAF 2022

"Mereka (Apriyani/Fadia) pernah kalahin semua pemain-pemain top dunia. Mereka merendah aja gak mau pasang target tinggi, padahal mereka kan punya kualitas," pungkas Rionny.

Menurutnya, persiapan ketujuh wakil Indonesia jelang world tour finals 2022 berjalan baik dan tidak memiliki kendala berarti. Adapun para atlet dijadwalkan berangkat ke Thailand pada 4 Desember.

Rinciannya, yakni Fajar/Rian dan Ahsan/Hendra (ganda putra), Anthony Ginting dan Jonatan Christie (tunggal Putra), Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Apriyani/Fadia (ganda putri) serta Rinov Rivaldy/Pitha Haningtya (ganda campuran).(OL-11)

BERITA TERKAIT