29 November 2022, 18:27 WIB

Persaingan Ketat Bakal Tersaji di Kejurnas Arung Jeram


Rifaldi Putra Irianto |

KEJUARAAN Nasional Arung Jeram 2022 dijadwalkan berlangsung pada 30 November-4 Desember 2022 di Sungai Pakelan, Probolinggo, Jawa Timur. Dalam kejuaraan itu, persaingan ketat diprediksi akan tersaji.

Kabid Kompetisi Pengurus Besar Federasi Arung Jeram Indonesia (PB FAJI) Jony Kurniawan menyebut beberapa daerah sudah penyelenggarakan Pekan Olahraga Provinsi (Poprov), sehingga para atlet tengah dalam masa peak performance.

"Persaingan pasti ketat, karena beberapa daerah sudah menyelenggaraan Porprov. Sehingga, atletnya masuk dalam peak performa. Apalagi kompetisinya (proprov) tidak terlalu jauh dari kejurnas," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (29/11).

Baca juga: Tampil di BWF World Tour Finals, Apriyani/Fadia: Ini Kesempatan Emas

Pihaknya memperkirakan persaingan ketat akan tersaji, khususnya antara tim Sumatra dan tim Jawa. Namun, Jony mengamini bahwa kemungkinan bakal ada kejutan dari daerah lain, seperti Kalimantan.

"Meski persaingan sengit akan ditunjukkan oleh sejumlah tim dari Sumatra-Jawa, namun pendatang seperti Kalimantan Selatan juga tidak boleh dipandang sebelah mata," imbuh Joni.

Baca juga: Desa Cikondang Cianjur Manfaatkan Aliran Sungai untuk Wisata Tubing

Adapun Kejurnas ini juga akan dijadikan uji coba kekuatan daerah untuk babak kualifikasi Pekan Olah Raga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatra Utara. "Kompetisi ini sebagai kesempatan daerah untuk mengukur kekuatan jelang babak kualifikasi PON. Sekaligus, jadi tolak ukur pembinaan di daerah," jelasnya.

Sementara bagi PB FAJI, kejuaraan ini menjadi ajang untuk mencari atlet terbaik, yang bakal dipersiapkan untuk mengikuti World Rafting Championship 2023. Pada 2019, pemenang nomor junior women dari Jawa Barat, berkesempatan mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia di Bosnia.(OL-11)

BERITA TERKAIT