29 November 2022, 18:01 WIB

Mattia Binotto Mundur Dari Tim Ferrari


Widhoroso |

TIM Formula 1 Ferrari, Selasa (29/11) mengumumkan pengunduran diri Mattia Binotto dari posisi team principal. Binotto secara resmi akan meninggalkan posisinya itu pada 31 Desember 2022 mendatang.

Binotto, 53, telah bergabung dengan Ferrari selama hampir 3 dekade. Ia mulai menduduki posisi sebagai team principal Ferrari pada 2019. 

"Dengan menyesal, saya telah memutuskan untuk mengakhiri kerja sama saya dengan Ferrari. Saya meninggalkan perusahaan yang saya cintai, yang telah menjadi bagian saya selama 28 tahun, dengan ketenangan yang berasal dari keyakinan bahwa saya telah melakukan segala upaya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan," ungkap Binotto.

Benedetto Vigna, CEO Ferrari Group, mengatakan Binotto telah mencapai banyak hal dalam perannya, termasuk membuat Ferrari kembali kompetitif. "Saya ingin berterima kasih kepada Mattia atas kontribusi yang luar biasa selama 28 tahun bersama Ferrari dan khususnya untuk memimpin tim kembali ke posisi kompetitif selama setahun terakhir ini," kata Vigna.

"Akibatnya, kami berada dalam posisi yang kuat untuk memperbaharui tantangan kami, terutama bagi para penggemar kami yang luar biasa di seluruh dunia, untuk memenangkan hadiah utama dalam olahraga motor," imbuhnya.

Sepeninggal Binotto, Ferrari diberitakan sedang melakukan pendekatan terhadap kepala tim Alfa Romeo, Fred Vasseur.

Musim balap 2022, Ferrari gagal memanfaatkan peluang merebut gelar juara pembalap dan konstruktor Formula 1. Tampil mengesankan di seri-seri awal, penampilan tim berlambang Kuda Jingkrak itu kemudian melorot. Hasilnya, Ferrari harus puas mendapat posisi dua di kategori pembalap melalui Charles Leclrec dan posisi dua di kategori konstruktor di bawah Red Bull.

Kimi Raikkonen menjadi pembalap terakhir Ferrari yang mampu menjadi juara dunia Formula 1 pada 2007. Sedangkan untuk kategori konstruktor, Ferrari terakhir kali menjadi juara pada 2008. (AFP/OL-15)
 

BERITA TERKAIT