16 November 2022, 09:26 WIB

Petik Kemenangan Kedua, Ruud Melenggang Ke Empat Besar ATP Finals 2022


Rifaldi Putra Irianto |

PETENIS Norwegia Casper Ruud berhasil menjadi pemain pertama yang lolos ke babak empat besar ATP Finals 2022. Memetik kemenangan atas Petenis Amerika Serikat (AS) Taylor Fritz di babak penyisihan grup, Rabu (16/11), membuat Ruud berhak atas satu tempat di semifinal.

Ruud, yang menjadi unggulan ketiga, memenangi pertarungan tiga set atas Fritz dengan skor 6-3, 4-6, dan 7(8)-6(6). 

Telah mengumpulkan dua kemenangan di fase grup, setelah sebelumnya menumbangkan Felix Auger-Aliassime (Kanada) dengan dua set langsung 7(7)-6(4) dan 6-4, membuat Ruud keluar sebagai pemuncak klasemen Grup Hijau dan melaju ke semifinal.

Baca juga: Tersingkir dari ATP Finals, Nadal Tegaskan Siap Mati-Matian untuk Kembali ke Puncak

"Ada banyak yang dipertaruhkan untuk sampai di sini. Saya sedih untuk Taylor, tapi saya sangat senang melihat forehand terakhir itu berlayar jauh. Mengamankan tempat di semifinal terasa luar biasa," ucap Ruud dikutip dari ATP, Rabu (16/11).

Ruud adalah juara tiga kali di ATP Tour musim ini. Pemain berusia 23 tahun itu mengangkat trofi di lapangan tanah liat di Buenos Aires, Jenewa, dan Gstaad. Ini merupakan tahun keduanya berturut-turut berkompetisi di ATP Finals.

Tahun lalu, perjalanan petenis Norwegia itu terhenti di babak semifinal oleh Daniil Medvedev (Rusia). Laju Ruud terhenti setelah kalah dua gim langsung 4-6 dan 2-6.

Setelah hanya memenangkan dua pertandingan dalam empat turnamen level tur sebelum memulai pertarungan di ATP Finals, Ruud mengaku senang dengan cara dia mendapatkan kembali performa terbaiknya di Pala Alpitour.

"Saya pikir gerakan saya jauh lebih baik dalam beberapa pekan terakhir," kata Ruud. "Saya merasa saya bergerak lebih baik sekarang daripada beberapa bulan terakhir. Anda akan menghadapi saat-saat yang lebih sulit dalam periode karir Anda ketika kaki Anda terasa lebih berat. Tapi di sini di Turin mereka bekerja dengan baik."

"Setiap kali Anda merasa gerakan Anda bagus, itu memberi Anda kepercayaan diri, mengetahui bahwa Anda bisa menampilkan beberapa permainan terbaik," terangnya.

Meski Ruud telah memastikan satu tempat di semifinal, peteis Norwegia itu masih memiliki satu pertandingan di fase grup yakni melawan Rafael Nadal, yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis (17/11). (ATP/OL-1)

BERITA TERKAIT