11 November 2022, 22:14 WIB

Sandiaga: Ekosistem Esports di Indonesia Kian Meningkat


Akmal Fauzi |

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno membuka babak main event atau grand final Piala Presiden Esports di Istora Senayan, Jakarta, pada Jumat (11/11) ini. 

Sandiaga menilai ekosistem esports terus meningkat setiap tahun. Menurutnya, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam industri gim. Pendapatan dari industri gim mencapai jumlah yang besar, serta mengalami peningkatan pesat. 

Dia juga mengapresiasi penyelenggara Piala Presiden Esports 2022, yang telah menghadirkan tiga gim lokal untuk dipertandingkan.

"Industri esports Indonesia memiliki potensi yang cukup besar. Ekonomi pada 2021, subsektor aplikasi dan gim naik sebesar 9,17% dengan proyeksi Rp 31,25 triliun,” ungkap Sandiaga, Jumat (11/11).

Baca juga: Kunjungi PBESI, Piala Presiden Esports 2022 Siapkan Wakil Indonesia di IESF World Championship 

Pada tahun yang sama, pendapatan dari industri gim di Indonesia mencapai US$2,1 miliar atau setara dengan Rp30 triliun. Indonesia juga menempati urutan pertama, untuk pasar online mobile gamers di kawasan Asia Tenggara.

Sandiaga mengapresiasi Piala Presiden Esports 2022 yang menghadirkan tiga gim lokal. Menurutnya, kegiatan ini dapat meningkatkan dampak ekonomi digital secara nasional. Sandiaga melihat ini bisa membuat pertumbuhan ekonomi kreatif yang mengarah ke digitalisasi.

"Semoga turnamen ini dapat membantu gim buatan Tanah Air, menemukan pasar yang signifikan,” imbuh Sandiaga.

Baca juga: Gim Lokal Berpeluang Bersaing di Industri Esports

Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2022 Rangga Danu Prasetyo melihat antusiasme yang tinggi dari penonton maupun atlet yang berlaga. Kehadiran tiga gim lokal menjadi upaya untuk membangun ekosistem esports Indonesia. Dia berharap gim lokal bisa dipertandingkan dalam turnamen internasional.

”Sepanjang Piala Presiden Esports 2022, kami melihat antusiasme yang tinggi, baik dari segi penonton maupun atlet yang berlaga. Antusiasme ini terlihat dari peningkatan hours watched pada Piala Presiden Esports 2022 yang meningkat 52%,” kata Rangga.

Menurutnya, ada tiga gim dalam negeri yang dipertandingkan sesuai dengan visi misi untuk membangun ekosistem esports Indonesia. Serta, bisa meningkatkan minat dan juga promosi bagi gim lokal, agar bisa bersaing dengan gim lain. 

”Tentunya kami berharap jika ke depannya, game lokal bisa dipertandingkan dalam turnamen internasional,” pungkasnya.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT