28 September 2022, 14:17 WIB

Verstappen Berpeluang Kunci Gelar Juara di Singapura


Dhika kusuma winata |

MAX Verstappen berpeluang mengunci gelar juara Formula 1 musim 2022 pada GP Singapura akhir pekan ini. Untuk mencapai misinya, pembalap Red Bull Racing itu mendapat tantangan besar menang di Sirkuit Marina Bay.

Sejauh ini Verstappen belum pernah meraih podium tertinggi di Singapura. Terakhir kali seri 2019 di sana, dia finis di posisi ketiga. Verstappen bakal membidik kemenangan meski mengakui hal itu tak mudah.

"Perlu sedikit keberuntungan untuk itu juga (juara di Singapura). Saya tidak memikirkannya," ucap Verstappen.

"Saya ingin pergi ke Singapura dan mencoba memenangu balapan. Kami sedang menjalani musim yang hebat, jadi kami harus benar-benar mencoba dan menghargainya dan menikmati momen ini," imbuhnya.

Seri Singapura yang menjadi balapan malam dengan sirkuit jalan raya bakal menjadi tantangan karena minimnya peluang untuk menyalip. Sebab itu, posisi start akan banyak berpengaruh terhadap hasilnya. Kondisi panas serta kelembapan tinggi juga bakal menjadi ujian bagi para pembalap.

Baca juga: Moto-GP Tambah Balapan Tahun Depan di Kazakhstan

Di klasemen, Verstappen memimpin dengan selisih 116 poin dari Charles Leclerc (Ferrrari) dengan tersisa enam seri balap.

Secara matematis, pembalap asal Belanda itu berkesempatan menyegel gelar jika menang di Marina Bay dengan syarat Leclerc hanya finis tertinggi di posisi depalan atau sembilan bergantung poin tambahan pemegang catatan lap tercepat.

Jika Verstappen mampu menyegel gelar di Singapura akan menjadi titel juara paling cepat sejak yang dicapai Michael Schumacher pada 2002. Namun, kika skenario itu tak terjadi perebutan gelar masih akan berlanjut pada GP Jepang seminggu kemudian.

Pada seri terakhir di Sirkuit Monza dua pekan lalu, Verstappen meraih podium tertingginya ke-11 di musim ini. Dia juag berpeluang menyemai rekor 13 kemenangan dalam satu musim yang pernah ditorehkan Schumacher pada 2004 dan Sebastian Vettel pada 2013. (OL-4)

BERITA TERKAIT