26 September 2022, 04:45 WIB

Gara-Gara Masalah Elektronik, Espargaro Finis di Luar Zona Poin di GP Jepang


Basuki Eka Purnama |

PEMBALAP Aprilia Aleix Espargaro kehilangan peluang berharga dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP musim ini setelah motornya mengalami kendala elektronik jelang start GP Jepang di Motegi, Minggu (25/9).

Espargaro seharusnya start dari P6, tapi selepas lap pemanasan ia terpaksa kembali ke garasi dan berganti motor cadangan untuk start balapan dari jalur pit.

Berbekal motor dengan kombinasi ban yang kurang cocok dengan kondisi lintasan hari itu, Espargaro hanya mampu finis P16 atau di luar zona poin.

Baca juga: Marc Marquez Bahagia Bisa Membalap Tanpa Rasa Sakit

"Saya sangat kecewa, hari ini disayangkan, kami membuat kesalahan dan teknisi elektronik lupa mencopot komponen untuk penghemat bahan bakar, tidak ada yang bisa saya lakukan," kata Espargaro dikutip laman resmi MotoGP.

"Motor terasa sangat lamban di sighting lap, saya masuk ke pit untuk berganti motor tapi motor kedua tidak memiliki ban yang tepat jadi ini sangat sulit."

"Saya tahu sejak awal motor ini tidak bisa melaju kencang, jadi saya tahu ada masalah di sana."

"Dengan motor kedua, saya mencoba segalanya, tapi start dari pit itu mustahil. Saya juga tidak memiliki ban belakang yang tepat karena kami tidak lagi punya ban medium," lanjutnya.

Satu hal yang bisa disyukuri Espargaro hari itu adalah rival utamanya, Francesco Bagnaia dari tim Ducati terjatuh di lap terakhir ketika berupaya menyalip Fabio Quartararo.

Sedangkan sang pembalap Yamaha hanya membawa pulang delapan poin setelah finis P8.

Espargaro bertahan di peringkat tiga klasemen dengan jarak 25 poin dari Quartararo dengan empat balapan tersisa.

"Mereka tidak meraih banyak poin tapi saya lebih kecewa lagi karena hari ini saya tidak mampu mengalahkan mereka, jadi kehilangan peluang itu mengecewakan tapi ini namanya balapan," aku Espargaro.

Di saat tidak ada selebrasi untuk Bagnaia, rekan satu timnya, Jack Miller merayakan kemenangan keempat dalam kariernya di MotoGP berkat penampilan dominan di Motegi hari ini.

Pembalap Australia itu finis 3,409 detik di depan Brad Binder, yang tampil sensasional untuk KTM.

Pembalap tim Pramac Jorge Martin tidak dapat bertahan dari gempuran sang pebalap KTM karena keausan ban di pengujung lomba dan harus puas finis P3.

Marc Marquez juga mampu kompetitif, meski dengan kondisi lengan kanan yang belum sepenuhnya pulih dari cedera, finis P4 setelah menjalani balapan dari posisi pole.

Sirkus MotoGP akan dilanjutkan ke Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand, pekan depan, yang menjadi balapan terakhir dari rangkaian triple header sejak Aragon. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT