24 September 2022, 23:15 WIB

Panjat Tebing Tatap Olimpiade 2024 dengan Optimistis


Rifaldi Putra Irianto |

ATLET panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo berhasil keluar sebagai juara dunia pada kategori speed putra Piala Dunia Panjat Tebing 2022. Pemanjat kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat itu, sukses meraih gelar juara setelah mengokohkan posisi di puncak klasemen dengan raihan 4455 poin.

Meski gagal meraih gelar juara pada Piala Dunia Panjat Tebing 2022 seri terakhir di Jakarta, di mana dia terhenti di babak perempat final. Namun, perjalanan Veddriq sepanjang musim 2022 sangat luar biasa.

Peraih medali emas PON XX Papua itu tercatat dua kali meraih podium tertinggi pada musim ini, yakni pada Piala Dunia Panjat Tebing 2022 seri Seoul, Korea Selatan, dan seri Salt Lake City, Amerika Serikat.

"Yang pasti saya senang bisa meraih gelar juara dunia. Hari ini saya sudah menampilkan yang maksimal, memang tadi kalah tipis banget dari (Korimal) Katibin tapi itu bukan masalah buat saya karena memang kami sama-sama mewakili Indonesia," ucap Veddriq saat ditemui di gelaran Piala Dunia Panjat Tebing 2022 seri Jakarta, Sabtu (24/9).

Meski telah berhasil merebut gelar juara, Veddriq belum berpuas diri. Dia pun berambisi untuk lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024 dan mempersembahkan medali untuk Indonesia.

"Buat tahun depan saya memang akan lebih konsentrasi ke persiapan kualifikasi Olimpiade 2024. Tentu saya berambisi untuk lolos Olimpiade,  karena memang tahun depan kami dipersiapkan untuk itu dan saya pastinya akan berjuang maksimal di setiap pertandingan kualifikasi," tuturnya.

Dalam aksinya di Jakarta, Veddriq sejatinya nyaris mencetak rekor dunia baru, di babak kualifikasi Veddriq berhasil mencatatkan waktu tercepat yakni 5,066 detik hanya berjarak 0,057 detik dari catatan waktu tercepat milik Kiromal Katibin dengan 5,009 detik.


Baca juga: Veddriq Tercepat di Kualifikasi Piala Dunia Panjat Tebing 2022 Seri Jakarta


Sementara itu, pada gelaran Piala Dunia Panjat Tebing 2022 seri Jakarta, pemanjat Indonesia Aspar Jaelolo berhasil merebut podium utama. Dalam aksinya di partai final, atlet berusia 34 tahun itu sukses mengalahkan Katibin dengan catatan waktu 5.393 detik.

Di kategori putri, sayangnya perjalanan wakil Indonesia harus berakhir di babak perempat final, pemanjat Nurul Iqamah kalah dari wakil Polandia Aleksandra Kalucka. Sementara pemanjat Indonesia lainnya Amanda Narda Mutia kalah dari atlet Tiongkok Lijuan Deng.

Menanggapi pencapaian yang ditorehkan atlet Indonesia di Piala Dunia Panjat Tebing 2022 seri Jakarta, Mentri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyatakan bahwa hasil ini merupaka awal yang baik jelang kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Dikatakan Zainudin, dengan keberhasilan All Indonesia Finals pada Piala Dunia Panjat Tebing 2022 seri Jakarta dan keluarnya Veddriq sebagai juara dunia, Zainudin optimistis panjat tebing dapat bicara banyak di Olimpiade Paris 2024 nanti.

"All Indonesian Finals menjadi hal membanggakan buat kita dan saya optimis di antara mereka Veddriq, Katibin, dan Aspar bisa meraih tiket kualifikasi ke Olimpiade Paris 2024," tegas Zainudin.

Sementara itu, Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia Yenny Wahid mengaku bangga dengan raihan ini. Memiliki modal bagus untuk kualifikasi Olimpiade Paris 2024, Yenny menyatakan siap mengikutkan para atletnya di semua pertandingan kualifikasi Paris 2024 yang akna dimulai tahun depan.

"Tim kami sangat kuat saat inu. Kami optimistis Olimpiade 2024 nanti inshaAllah kami akan mempersembahkan medali untuk Ibu Pertiwi. Untuk sampai ke sana kami akan upayakan semua kejuaraan seri World Cup 2023 akan kami ikuti," tegas Yenny. (OL-16)

BERITA TERKAIT