19 September 2022, 16:36 WIB

Spanyol Juarai FIBA EuroBasket Usai Taklukkan Prancis


Dhika Kusuma Winata |

SPANYOL keluar sebagai jawara basket Eropa setelah sukses membekuk Prancis 88-76 pada final FIBA EuroBasket 2022 di Berlin, Jerman, Senin (19/9) dini hari WIB. Meski banyak diperkuat pemain debutan, Spanyol membuktikan tetap menjadi tim unggulan.

Di partai final itu, papan skor menjadi milik para pemain liga basket profesional Amerika, NBA. Di kubu Spanyol, Juancho Hernangomez tampil sebagai andalan. Forward Toronto Raptors itu mencatatkan 27 poin, 5 rebound, dan 2 steal.

Di sisi Prancis, guard New York Knicks Evan Fournier menjadi penyumbang angka terbanyak dengan 23 poin.

"Spanyol bermain lebih baik dari awal hingga akhir. Mereka memiliki rencana permainan yang jelas sedangkan kami tidak mengeksekusinya dengan cukup baik. Terlalu banyak turnover, 35 poin (dari turnover). Kami tidak pernah benar-benar mengendalikan permainan," kata Fournier.

Di turnamen ini, Spanyol sebenarnya dalam misi membangun ulang skuad dengan delapan dari 12 pemain mereka di merupakan debutan timnas.


Baca juga: One 161 Jadi Momen Kembalinya Murid Khabib Nurmagomedov


Spanyol memimpin dengan nyaman atas Prancis 21 poin di kuarter kedua. Meski Prancis nyaris mengejar selisih tiga angka di kuarter ketiga, Spanyol membalasnya dengan sembilan poin beruntun dan tak terbendung.

Gelar itu turut menandai kekuatan Spanyol di benua biru dalam dekade terakhir. Mereka sukses keluar sebagai kampiun empat kali dari enam edisi terakhir FIBA EuroBasket.

"Kami memainkan pertahanan yang hebat, kami memainkan serangan yang hebat. Keterbatasan dengan pelanggaran yang ceroboh dan skor rendah, kami malah sangat bagus," kata pelatih Spanyol Sergio Scariolo.

Torehan tersebut juga mencatatkan Spanyol yang berperingkat kedua FIBA berhasil finis tiga besar di turnamen antarnegara Eropa untuk ke-14 kalinya. Pada perebutan tempat ketiga, tuan rumah Jerman berhasil unggul Polandia 82-69.

Sementara itu, MVP jatuh ke tangan Willy Hernangomez (Spanyol). Center New Orleans Pelicans itu sepanjang turnamen rata-rata mencetak 17,2 poin, dan 6,9 rebound.

Pemain lain yang turut masuk dalam All-Star Five yakni Lorenzo Brown (Spanyol), Dennis Schroder (Jerman), Giannis Antetokounmpo (Yunani), dan Rudy Gobert (Prancis). (AFP/OL-16)

BERITA TERKAIT