16 September 2022, 15:03 WIB

PP Perbasi Siapkan Strategi Terbaik Untuk Timnas Jelang SEA Games 2023


Rifaldi Putra Irianto |

PENGURUS Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia (PP Perbasi) menyiapkan strategi terbaik  untuk Tim Nasional Bola Basket 5x5 putra jelang pelaksanaan SEA Games Kamboja yang dijadwalkan bergulir tahun depan.

Membawa misi mempertahankan medali emas pada SEA Games Kamboja, PP Perbasi kian selektif dalam menentukan kriteria pemain dan komposisi pemain. Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih menilai masih ada yang kurang dari komposisi pemain Timnas Indonesia saat ini, khususnya terkait ukuran tubuh.

"Timnas segera, size pemain harus kita naikkan, kalau kecil (ukuran tubuh) saya sebenarnya enggak takut asal skill bagus. Tapi kalau kita mau compete di level Asia, kita harus menaikkan size tubuh anak-anak kita," kata Danny saat ditemui di GBK Arena, Jumat (16/9).

Baca juga: PP Perbasi Lakukan Regenerasi Timnas Basket 5x5 Putra

Jika melihat kembali perjalanan Timnas Basket di kompetisi FIBA Asia Cup 2022 yang bergulir di Jakarta beberapa waktu lalu, ukuran tubuh memang menjadi salah satu masalah untuk Timnas Indoensia. Melawan Jordania hingga Australia yang memiliki pemain dengan postur tubuh tinggi, saat itu Arki Dikania Wisnu dkk terlihat keteteran dalam pertandingan.

Selain ukuran tubuh pemain, Danny juga membuka opsi untuk kembali melakukan naturalisasi pemain demi meningkatkan level kompetitif Timnas Indonesia.

"Kemungkinan bisa ada tambahan (naturalisasi), bisa juga enggak. Kita akan lihat lagi kebutuhan kita," tukasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT