16 September 2022, 14:55 WIB

Timnas Basket 5x5 Putra Berencana TC di Amerika Serikat


Rifaldi Putra Irianto |

PENGURUS Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) berencana menggelar training camp (TC) untuk tim nasional (timnas) bola basket 5x5 putra Indonesia di Nevada, Amerika Serikat (AS).

Program ini merupakan bagian dari upaya PP Perbasi dalam mempersiapkan timnas jelang kompetisi SEA Games, yang dijadwalkan bergulir pada tahun depan di Pnom Penh, Kamboja.

Diketahui, saat ini PP Perbasi telah memanggil 20 pebasket terbaik Indonesia untuk melakukan TC timnas basket 5x5 putra di Jakarta. Dari 20 pemain, akan dipilih sebanyak 15 pemain yang diberangkatkan ke Negeri Paman Sam.

Baca juga: Perbasi Panggil Pemain untuk SEA Games 2023 Kamboja

"Jadi, rencana awal Oktober atau akhir bulan ini. Jika visa semua keluar, kita akan berangkat ke AS. TC di AS, kita akan fokus membangun atau meng-upgrade individu pemain," jelas Manajer Timnas Basket Indonesia Jeremy Santoso, Jumat (16/9).

Dengan timnas basket Indonesia yang berambisi mempertahankan medali emas di SEA Games Kamboja, program ini tentu menjadi hal penting untuk meningkatkan skill para pemain.

Baca juga: Dua Turnamen Bulu Tangkis Internasional Siap Digelar di Yogyakarta

"TC akan berlangsung sampai Desember. Di luar fisik, misalnya skill, itu akan di-upgrade di AS. Diharapkan dari TC di AS, kita bisa memiliki pemain-pemain terbaik," imbuhnya.

Selama sekitar dua bulan di Nevada, timnas akan melakukan sejumlah program pelatihan, serta beberapa laga uji tanding. Tim asuhan Milos Pejic itu dijadwalkan melakukan uji tanding dengan tim basket dari sejumlah univeritas di AS.

"Kami tidak akan ikut kejuaraan di AS, tapi kami akan latih tanding. Dijadwalkan sebulan itu sekitar 2-3 kali uji tanding. Kalau di AS, tim basket level high school, post graduate, junior college dan universitas. Kita main di level situ," kata Jeremy.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT