11 September 2022, 00:13 WIB

Indonesia Turunkan 42 Atlet di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing


Akmal Fauzi |

INDONESIA menurunkan 42 atlet terbaik dalam Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 yang akan digelar di Jakarta, 24-26 September. 197 atlet dari 27 negara yang akan berpartisipasi dalam kejuaraan panjat tebing yang rutin digelar setiap tahun itu.

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid menjelaskan tahun ini Indonesia dipercaya Federasi Panjat Tebing Internasional (IFSC) menjadi tuan rumah kejuaraan yang akan diselenggarakan di Lot 16-17 SCBD Park, Sudirman, Jakarta. Dari 42 atlet Tanah Air yang diturunkan, 22 atlet akan bersaing di nomor speed serta 20 atlet bersaing di nomor lead.

"Ajang ini merupakan rangkaian kompetisi, diadakan setiap tahun dan negara negara biasanya bersaing untuk mendapatkan hak jadi host. Tapi penyelenggara utama tetap federasi internasional. IFSC percaya Indonesia dan FPTI mampu menjadi tuan rumah event internasional, kami memiliki kapasitas dan pengalaman dalam menyiapkan event olahraga dunia," kata Yenny Wahid dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu (10/9).

Yenny meyakini, Indonesia akan berprestasi di rumah sendiri. Apalagi, atlet Indonesia dalam beberapa tahun terakhir selalu meraih prestasi di kejuaraan tersebut. Tahun lalu, atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo, mencetak rekor dunia saat tampil di IFSC Boulder World Cup 2021 Amerika Serikat.

Saat itu, Veddriq mencetak rekor pada babak final ketika bersaing dengan sesama atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin dengan mencatatkan waktu 5,208 detik dan dinobatkan sebagai juara kategori men's speed. Juli lalu, Kiromal Katibin mempertajam rekor dunia atas namanya sendiri saat berlaga pada kompetisi internasional, IFSC World Cup 2022 di Chamonix, Prancis, dengan torehan waktu 5,00 detik.

Kejuaraan Dunia Panjat Tebing di Jakarta bisa disaksikan penonton secara gratis, tetapi harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Yenny berharap, kehadiran penonton dapat menambah semangat atlet Indonesia untuk memberikan yang terbaik di ajang ini. (OL-15)

BERITA TERKAIT