09 September 2022, 15:17 WIB

Lolos Ke Final AS Terbuka, Swiatek Siap Tantang Jabeur 


Rifaldi Putra Irianto |

PETENIS putri nomor satu dunia, Iga Swiatek, berhasil mencapai final Amerika Serikat (AS) Terbuka 2022. Petenis asal Polandia itu mencapai partai puncak, setelah memenangi pertarungan dengan unggulan keenam dunia, yakni Aryna Sabalenka.

Menghadapi Sabalenka yang merupakan mentan petenis nomor dua dunia, Swiatek berjuang keras untuk merebut kemenangan. Sempat tertinggal pada set pertama, Swiatek mampu bangkit untuk memenangi dua set terakhir dan menyelesaikan pertarungan dengan skor akhir 3-6, 6-1 dan 6-4.

"Saya merasakan perbedaan besar antara set pertama dan dua set terakhir. Saya senang, karena tingkat energi saya dapat naik di dua set terakhir," tutur, Jumat (9/9).

Baca juga: Ons Jabeur Kian Dekat Dengan Gelar Grand Slam Pertamanya

"Aryna membuat pertandingan menjadi sangat sulit hari ini. Saya merasa dia melakukan servis dengan cukup solid. Sulit untuk dapat bangkit setelah tertinggal, tetapi saya senang dapat melakukannya," sambungnya.

Swiatek, yang belum pernah mencapai perempat final AS Terbuka sebelum musim ini, kini semakin dekat dengan gelar grand slam ketiganya. Ini sekaligus menjadi final grand slam kedua untuk Swiatek pada 2022, setelah sebelumnya mencapai final di Prancis Terbuka.

Di partai final, petenis berusia 21 tahun itu akan kembali melakoni laga berat. Swiatek akan menantang petenis asal Tunisia, Ons Jabeur, pada pertandingan yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu waktu setempat.

Baca juga: Rusak 2 Raket di AS Terbuka, Kyrgios Didenda US$14 Ribu

Melihat catatan WTA, pertemuan itu akan menjadi yang kelima kalinya bagi mereka di lapangan profesional. Dari empat pertemuan sebelumnya, kedua petenis masing-masing telah merebut dua kemenangan.

Pada pertemuan terakhir di final Italia Terbuka 2022, Swiatek sukses mengalahkan Jabeur dalam pertarungan dua set langsung 6-2 dan 6-2. Sementara, pada pertemuan lainnya di Cincinnati Masters 2021, Jabeur berhasil menjungkalkan Swiatek dengan skor 6-3 dan 6-3.

"Dia (Jabeur) memiliki gaya permainan yang berbeda dari kebanyakan pemain. Semua hal itu bercampur aduk dan dia merupakan lawan yang tangguh," pungkas Swiatek.(WTA/OL-11)
 

BERITA TERKAIT