08 September 2022, 19:30 WIB

Japfa Chess Festival akan Sajikan Dua Laga Spesial


Budi Ernanto |

JAPFA Chess Festival kembali digelar tahun ini setelah sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi covid-19. Acara yang digelar PT Japfa Comfeed Indonesia (Japfa) bersama Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) itu akan berlangsung pada 10-14 September di Gedung Serba Guna Senayan, Jakarta.

Direktur Corporate Affairs Japfa Rachmat Indrajaya mengatakan kembalinya Japfa Chess Festival yang tahun ini menyentuh edisi ke-12, menjadi momentum yang baik dalam membangkitkan gairah para pecatur untuk mengasah kemampuannya.

"Acara ini untuk mengangkat semangat para pecatur guna siap ke pertandingan tingkat global. Sebagaimana tema perayaan Hari Olahraga Nasional 2022, yakni Bersama Cetak Juara, kami berharap acara ini bisa melahirkan pecatur andal yang mampu menorehkan prestasi di level nasional dan internasional," kata Rachmat dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (8/9).

Baca juga: Pertamina Upayakan tidak Ada Kebocoran dalam Distribusi BBM

Sementara itu Ketua Umum Percasi Utut Adianto mengatakan di Japfa Chess Festival kali ini akan ada dua laga bergengsi, yaitu pertarungan antara pecatur Indonesia IM Mohamad Ervan dan pecatur Filipina GM Darwin Laylo serta duel antara pecatur Indonesia IM Medina Warda Aulia dan pecatur Singapura WGM Gong Qianyun.

"Laylo adalah top skor ketiga timnas catur Filipina di Olimpiade 2020. Sementara Qianyun adalah pecatur perempuan pertama yang bermain di tim putra Singapura pada Olimpiade 2020," terang Utut.

Adapun untuk Japfa Chess Festival tahun ini akan dipertandingkan 12 kategori, yaitu Grand Master Tournament, Kejuaraan Senior Putra/Terbuka, Kejuaraan Senior Putri, Kejuaraan Veteran Usia > 55 tahun, Kejuaraan Putra/Putri U-18, Putra/Putri U-14, Putra/Putri U-10, Kejuaraan Beregu antarinstansi, dan Kejuaraan Senior antarwasit, panitia, dan media.

Jelang dua hari sebelum Japfa Chess Festival dimulai, telah ada 390 peserta yang terdaftar dari 25 provinsi Indonesia dan jumlah tersebut berpotensi bertambah. (R-3)

BERITA TERKAIT