08 September 2022, 17:44 WIB

Cedera Punggung Anthony Ginting Berangsur Pulih


Rifaldi Putra Irianto |

CEDERA punggung bagian bawah (lower back pain) yang dialami pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting berangsur pulih. Cedera yang membuat tunggal putra nomor satu Indonesia itu mundur dari turnamen Japan Terbuka 2022 pada pekan lalu itu, dilaporkan tidak terlalu mengkhawatirkan.

Hal ini disampaikan Dokter Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), Grace Joselini Corlesa. Usai melihat hasil pemeriksaan Anthony, Grace memproyeksikan juara Singapura Terbuka 2022 itu sudah bisa kembali berlatih pekan ini.

"Melihat dari hasil pemeriksaan, kondisi cedera Ginting (Anthony) tidak ada yang berbahaya. Hanya memang perlu istirahat lebih banyak karena ototnya mengalami kelelahan," ujar Grace dalam keterangan resmi PBSI, Kamis (8/9).

"Setelah sepekan kemarin diistirahatkan, pekan kedua ini sudah masuk penguatan dan apabila sudah tidak ada apa-apa, nyerinya sudah hilang dan gerakannya sudah bisa nyaman, dia sudah bisa kembali latihan secara bertahap intensitasnya," imbuhnya.

Baca juga: Tiafoe Berharap Jadi Teladan Bagi Petenis Kulit Hitam Muda

Sementara itu, Anthony menyampaikan kondisinya saat ini sudah jauh lebih baik dibandingkan pekan lalu. Ia juga sudah memulai latihan ringan hari ini (8/9) sebagai bentuk pemulihan.

"Kondisi saya sudah lebih baik dibandingkan minggu lalu tapi masih ada sedikit rasa nyeri. Latihan normal sih belum tapi sudah mulai coba-coba latihan ringan untuk pemulihan," ucap Anthony.

Dijelaskan oleh Amthony, setelah kembali dari Jepang dirinya memang difokuskan untuk melakuka recovery termasuk melakukan sejumlah terapi. Dengan kondisi yang berangsung pulih, Anthony pun berharap dapat segera kembali berlatih normal

"Sejak pulang dari Jepang memang fokusnya pemeriksaan mendetail, penguatan dan terapi. Semoga dalam 1-2 minggu ini saya sudah bisa kembali berlatih normal," pungkasnya. (PBSI/OL-4)

BERITA TERKAIT