26 August 2022, 07:15 WIB

Norris Mengaku tidak Bersimpati dengan Ricciardo yang Diputus Kontrak


Basuki Eka Purnama |

LANDO Norris mengaku sama sekali tidak bersimpati dengan rekan setimnya di McLaren Daniel Ricciardo setelah kontrak pembalap Formula 1 asal Australia itu diputus di tengah jalan.

Dalam wawancara menjelang GP Belgia, Kamis (25/8), Norris memperlihatkan brutalnya mentalitas di Formula 1.

"Saya tidak memiliki perasaan apa pun terhadap pembalap lain ketika mereka tidak bisa melakukan pekerjaan mereka dengan baik," ungkap Norris setelah sebelumnya menyebut betapa egoisnya peran seorang pembalap.

Baca juga: Ricciardo Tinggalkan McLaren Akhir Musim Ini

Ketika ditanya apakah dia merasa bersimpati kepada rekan setimnya, Norris dengan tegas menyatakan tidak.

"Saya tidak suka mengatakannya, namun tidak. Orang-orang mungkin memneci saya karena mengatakan hal ini," jawabnya.

"Faktanya, saya tidak pernah tahu kapan hal itu akan saya alami apakah di tim ini atau di tim lain. Saya hanya mau fokus pada mobil dan pekerjaan saya."

"Bukan tugas saya untuk fokus pada orang lain. Saya bukan guru mengemudi. Saya tidak ada di sini untuk membantu orang lain," lanjutnya.

Ricciardo, Rabu (24/8), mengumumkan dirinya telah mencapai kata sepakat dengan McLaren untuk hengkang pada akhir tahun ini, meski dikonrak selama tiga tahun oleh tim Formula 1 itu.

Norris, yang sukses tampil lebih bagus ketimbang Ricciardo dengan raihan yang juga superior, mengatakan dirinya bekerja keras mengatasi masalah yang dihadapi.

"Ini bukanlah mobil yang dengan mudah saya kuasai. Pada awal tahun, Daniel tampil lebih baik dari saya. Saya harus bekerja keras menemukan cara mengemudi baru dari yang biasa saya lakukan. Saya harus beradaptasi," kata Norris.

"Karenanya, saya tidak bersimpati dengan pembalap yang tidak bisa melakukan pekerjaannya dengan baik," imbuhnya.

Musim ini, Norris sukses mengumpulkan 76 poin sementara Ricciardo hanya 19 poin.

McLaren belum mengumumkan pengganti Ricciardo pada tahun depan namun diperkirakan akan mendatangkan Oscar Piastri, yang saat ini merupakan pembalap cadangan tim Alpine.

Ricciardo dikabarkan akan membalap untuk tim Haas pada musim depan jika tim itu benar melepas Mick Schumacher.

Schumacher, sama seperti Ricciardo, gagal bersinar bersama Haas. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT