25 August 2022, 18:16 WIB

Tren Positif Dua Tunggal Putra Indonesia Berlanjut di Kejuaraan Dunia 2022


Rifaldi Putra Irianto |

DUA tunggal putra bulu tangkis Indonesia yakni Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, melanjutkan tren positif mereka di Kejuaraan Dunia 2022. Tampil apik di babak 16 besar, dua tunggal putra andalan Indonesia itu memantapkan langkahnya ke babak perempat final.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang, pada Kamis (25/8). Jonatan memetik kemenangan terlebih dahulu, dia berhasil menjungkalkan wakil Taiwan Wang Tzu Wei dengan skor 24-22 dan 21-16.

Tak berselang lama, Anthony menyusul kesuksesan Jonatan dengan mematahkan catatan enam kekalahan beruntun atas Shi Yu Qi (Tiongkok) dan memetik kemenangan rubber game dengan skor akhir 21-11, 13-21 dan 21-18.

Berbicara terkait kemenangannya, Jonatan mengaku bersukur dapat kembali mencapai perempat final di Kejuaraan Dunia, yang mana ini menjadi kali kedua dirinya mencapai perempat final setelah sebelumnya terjadi pada 2019 lalu.

"Puji Tuhan bersyukur bisa kedua kalinya masuk perempat final di Kejuaraan Dunia dan bersyukur juga bisa revans dari Wang Tzu Wei. Sebenarnya tadi bisa ada kesempatan mainnya tidak setting tapi memang saat di gim pertama unggul 20-17, fokus saya sedikit hilang jadi dia ambil kesempatan itu," kata Jonatan dalam keterangan resmi PBSI, Kamis (25/8).

Baca juga: Ganda Campuran RI Gagal di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis

Di perempat final Jonatan sudah ditunggu lawan tangguh lainnya dari Taiwan yakni unggulan keempat Chou Tien Chen. Pertandingan itu sekaligus menandai pertemuan ke 10 kalinya untuk kedua pemain.

Jojo -pangilan akrab Jonatan- memprediksi pertemuanya dengan wakil Taiwan itu tidak akan berjalan mudah. Dengan Chou Tien Chen yang kerap tampil ulet di lapangan, Jojo menyatakan harus bekerja ekstra keras pada pertandingan besok.

"Besok lawan Chou Tien Chen yang kita tahu dia adalah pemain yang tidak mudah menyerah, dia selalu berusaha semaksimal mungkin, jadi besok saya rasa bakal jadi pertandingan yang cukup ketat. Saya harus fokus dan bermain maksimal untuk pertandingan besok," ucap Jojo.

Sementara itu, Anthony yang akhirnya memetik kemenangan atas Shi Yu Qi sejak pertemuan pertama mereka pada 2014 lalu, mengaku senang atas kemenangan ini. Dia berharap hasil bagus ini dapat berlanjut di pertandingan perempat final besok.

Di perempat final Anthony akan menghadapi tunggal putra nomor satu dunia Viktor Axelsen. Pertandingan Anthony vs Axelsen itu akan menjadi yang ke-14 kalinya sepanjang karier mereka.

Belum memetik kemenangan atas Axelsen dalam tujuh pertemuan terakhir, Anthony menyatakan akan berjuang yang terbaik untuk pertandingan besok dan menikmati setiap poin dalam pertandingan.

"Tentu saja saya akan mempersiapkan sebaik yang saya bisa, setelah ini saya akan melakukan pemulihan dan berdiskusi dengan pelatih untuk pertandingan besok. Pastinya saya akan melakukan yang terbaik buat pertandingan besok dan enjoy setiap poinnya," tukas Anthony. (PBSI/OL-4)

BERITA TERKAIT