24 August 2022, 22:37 WIB

Ricciardo Tinggalkan McLaren Akhir Musim Ini


Widhoroso, Rifaldi Putra Irianto |

PEMBALAP Formula 1 asal Australia, Daniel Ricciardo akan meninggalkan tim McLaren di akhir musim balap tahun ini. Ricciardo pergi walau kontraknya dengan McLaren masih tersisa satu tahun.

Pembalap berusia 33 tahunn itu, yang bergabung dengan McLaren pada 2021, menyatakan akan pergi dengan kebanggaan setelah apa yang telah diberikannya untuk tim. Di Formula 1, Ricciardo delapan kali menjadi juara, satu diantaranya bersama McLaren tahun lalu di GP Italia.

"Merupakan keistimewaan bisa menjadi bagian dari keluarga McLaren Racing selama dua musim terakhir. "Setelah beberapa bulan berdiskusi dengan Zak Brown (CEO) dan Andreas Seidl (kepala tim), kami telah memutuskan untuk mengakhiri kontrak saya dengan tim lebih awal dan setuju untuk berpisah di akhir musim ini,” kata Ricciardo dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh tim.

"Saya akan mengumumkan rencana masa depan saya sendiri pada waktunya. Tetapi terlepas dari apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, saya tidak menyesal dan bangga dengan upaya dan kerja yang saya berikan kepada McLaren, terutama kemenangan di Monza tahun lalu," imbuhnya.

Di sisi lain,  Seidl memuji sikap positif Ricciardo. "Terlepas dari tantangan bersama, dia selalu muncul dengan semangat juang dan kepositifan dan membantu seluruh tim untuk selalu terus maju. Kami tidak akan pernah melupakan kemenangan balapan yang tak terlupakan di Monza yang merupakan dorongan besar bagi seluruh," kata Seidl.

Di McLaren, Ricciardo merupakan pembalap kedua setelah Lando Norris. Dari 13 seri musim balap tahun ini, Ricciardo baru mendulang 19 poin sedangan Noris 76 poin. Tahun lalu, Norris menempati posisi enam klasemen pembalap dengan 160 poin sementara Ricciardo di posisi delapan dengan 115 poin. (AFP/OL-15)

BERITA TERKAIT