17 August 2022, 20:35 WIB

DI Pidato Kenegaraan, Presiden Jokowi Akui Bangga Indonesia Juara Umum Asean Para Games 2022


Mediaindonesia.com |

PRESIDEN Joko Widodo menyampaikan rasa bangganya usai Indonesia meraih sukses dalam menjadi tuan rumah penyelenggaraan multievent olahraga disabilitas tingkat Asia Tenggara, Asean Para Games di Solo, Jawa Tengah yang digelar pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 lalu.

Rasa bangga Presiden itu disampaikan saat acara Pidato Presiden RI dalam Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2022 dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dalam rangka HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022.

Presiden Joko Widodo merasa bangga karena selain sukses penyelenggaraan, kontingen Indonesia juga sukses meraih gelar tertinggi yakni juara umum.

"Tentang disabilitas ini, kita juga baru saja menjadi tuan rumah Asean Para Games 2022 di Solo dan alhamdulillah kita menjadi juara umum," kata Presiden Joko Widodo di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Gedung Nusantara Senayan, Jakarta, Selasa (16/8).

Baca juga : Dokter Jelaskan Penanganan Pertama Kasus Cedera Olahraga

Seperti diketahui, pada Asean Para Games Solo 2022 yang lalu penyenggaraannya terbilang sukses meski persiapannya sangat singkat. Sekaligus Indonesia meraih title juara umum dengan perolehan 175 medali emas, 144 medali perak, 106 medali perunggu dengan total raihan 425 medali.

Perolehan medali emas itupun menorehkan sejarah perolehan medali emas terbanyak, sejak keikutsertaan Indonesia di Asean Para Games. 

"Dan ini adalah perolehan jumlah medali emas terbesar sepanjang keikutsertaan Indonesia di Asean Para Games sejak 2001 di Kuala Lumpur, Malaysia," kata Menpora Amali saat penutupan Asean Para Games Solo 2022 di Stadion Manahan, Solo beberapa waktu lalu. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT