16 August 2022, 20:35 WIB

Maybank Marathon 2022 Undang 13 Pelari Elite Dunia


Ruta Suryana |

GUNA memenuhi salah satu persyaratan ajang lomba maraton label 'Elite' dalam ajang Maybank Marathon 2022 di Bali, pihak Maybank Indonesia mengundang 13 pelari elite internasional dengan komposisi 6 pelari putra dan 7 putri.

Adapun 6 pelari elite putra dunia yang diundang untuk katagori Marathon Open, yakni David Barmasai Tumo (Kenya), Mulgeta Birhanu Feyissa
(Ethiopia), Mesfin Teshomme Bekele (Ethiopia), Hassan Toris (Maroko), Bazu Work Hayla (Ethiopia), Alemu Gemuchu (Ethiopia).

Sementara pelari putri yang diundangkan ialah Betty Chepleting (Kenya), Jemila Wortesa Shure (Ethiopia), Souad Kabouchia (Maroko), Obse Abdeta (Ethiopia), Lanni Marchant (Kanada), Chemutai Immaculate (Uganda), dan Kebene Chala (Ethiopia).

Selain itu, 6 pelari nasional yang pernah mengikuti Maybank Marathon tahun-tahun sebelumnya juga akan ikut berlaga di Maybank Marathon 2022. Mereka, di antaranya Agus Prayogo, Welman Pasaribu, Robi Syianturi, Odekta E Naibaho, Irma Handayani, dan Pretty Sihite.

Dalam keterangan yang diterima, Project Director Maybank Marathon Widya Permana mengatakan pada penyelenggaraan Maybank Marathon 2022, peserta yang dapat memecahkan rekor maraton berhak untuk mendapatkan bonus pemecah rekor, dengan besaran nominalnya mulai Rp33.750.000, Rp67.500.000, dan Rp101.250.000 untuk katagori putra di masing-masing catatan waktu yang sudah ditentukan.

Sedangkan untuk kategori putri, besaran bonusnya juga sama tapi catatan waktunya berbeda.

Sebelum ajang lomba, pengambilan Race Pack atau Race Pack Collection (RPC) akan dilaksanakan pada 26-27 Agustus 2022 di Taman Bhagawan, Benoa, Bali. Demi keamanan dan keselamatan peserta, Maybank Indonesia memberlakukan peraturan 'You Register, You Run' yang mewajibkan seluruh peserta untuk mengambil Race Pack sesuai dengan nama yang telah terdaftar, dan tidak dapat diwakilkan.


Baca juga: Maybank Marathon 2022 Siap Digelar di Bali


Selain itu, slot lari juga tidak dapat dipindah-tangankan. Peserta hanya dapat berlari di kategori yang dipilih sesuai pendaftaran.

Widya juga mengatakan, dengan mengusung semangat satu dekade Maybank Marathon 2022, kegiatan RPC akan dikemas menjadi sebuah festival hiburan yang akan diramaikan oleh artis-artis ternama Indonesia, serta ekshibisi program keberlanjutan Maybank Indonesia.

"Di samping itu, kami juga akan menerapkan sistem pembayaran menggunakan QRIS yang tersedia pada aplikasi digital banking M2U untuk para peserta membeli berbagai macam produk-produk ternama dari sponsor kami," ujarnya.

Mengingat pentingnya faktor keamanan dan keselamatan pelari, Maybank Marathon menerapkan aturan yang sejalan dengan peraturan Pemerintah terkait penyelenggaraan acara luar ruang. Aturan ini mengatur tentang kewajiban peserta untuk sudah mendapatkan minimal vaksin ketiga (booster), dan wajib memindai aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki RPC, maupun Race Village.

Selain itu, peserta juga diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, hand sanitizer, dan menjaga jarak selama ajang berlangsung.

Untuk tahun ini, Maybank Indonesia menyediakan 40 pacer yang telah dibekali pengetahuan tentang prosedur first aid emergency CPR
(cardio pulmonary resuscitation) untuk menangani kondisi darurat. Selain itu, panitia penyelenggara mengerahkan 850 personel marshal dan sekitar 180 tim paramedis, serta 26 unit ambulans, yang terdiri atas 11 mobil ambulans, 15 sepeda motor ambulans, dan satu mobil ambulans berstandar IGD di sepanjang rute lari. (OL-16)

BERITA TERKAIT