15 August 2022, 13:00 WIB

Pablo Carreno Busta Rebut Gelar Juara Kanada Terbuka 2022


Rifaldi Putra Irianto |

Petenis Spanyol Pablo Carreno Busta berhasil merebut gelar juara Kanada Terbuka 2022, sekaligus menjadi gelar pertamanya pada kejuaraan ATP Masters 1000, Senin (15/8) WIB.

Tampil sebagai petenis non unggulan, Busta menunjukkan performa apik dalam pertandingan final, untuk mengalahkan unggulan kedelapan asal Polandia Hubert Hurkacz dalam pertarungan tiga set 3-6, 6-3 dan 6-3.

"Perasaan yang luar biasa menjadi pemenang Masters 1000. Itu salah satu gelar terbaik dalam karir saya," kata Busta dikutip dari AFP, Senin (15/8).

Bagi Busta kemenangan ini sangatlah berarti, pasalnya tahun ini bukan merupakan musim terbaiknya. Kemenangan ini pun berhasil mendongkrak peringkat petenis Spanyol itu untuk menduduki peringkat ke-14 dunia, naik sembilan tingat dari sebelumnya bertengger di posisi 23.

"Sepanjang pekan saya dan tim bekerja sangat keras, juga pada pekan-pekan sebelumnya. Sangat penting untuk menjadi sangat positif sepanjang waktu, mengingat ini bukan musim terbaik saya tahun ini," tutur Busta.

"Saya kehilangan beberapa pertandingan yang mungkin di musim lain saya tidak terkalahkan. Saya hanya mencoba untuk terus percaya pada tim saya, pada diri saya sendiri dan pada permainan saya," imbuhnya.

Busta kini menjadi petenis ketiga Spanyol yang sukses merebut gelar juara di Kanada Terbuka, setelah juara lima kali Rafael Nadal dan Manuel Orantes yang merebut gelar juara pada 1975.

Sempat tertinggal pada set pertama, Busta menyatakan mental menjadi aspek penting yang membantunya merebut gelar juara. Berusaha untuk tetap percaya diri dengan performanya, Busta pun bangkit dari ketertinggalan untuk merebut kemenangan dua set terakhir.

"Saya kehilangan set pertama, hanya satu break, tetapi Anda tahu ketika Anda bermain melawan pemain seperti ini yang memiliki servis yang sangat bagus, itu sangat sulit," ujar Busta.

"Tapi saya terus berusaha untuk percaya diri karena saya tahu bahwa saya bermain lebih baik dan lebih baik. Saya mencoba agresif dengan servis saya dan saya bisa membuat dua break, dan berhasil menjadi pemenang," jelasnya.

Setelah berhasil merebut gelar ketujuh kalinya sepanjang karier, Busta kini bersiap untuk mengincar gelar juara kedelapan kalinya, di mana dia akan bertarung pada turnamen Cincinnati Masters 2022 yang mulai bergulir pada pekan ini. (AFP/OL-12)

BERITA TERKAIT