15 August 2022, 08:48 WIB

Kalahkan Hurkacz, Carreno Busta Jadi Juara di Montreal Masters


Basuki Eka Purnama |

PABLO Carreno Busta meraih gelar ATP Masters pertamanya, Minggu (14/8), setelah mengakhiri rekor sempurna Hubert Hurkacz di laga final turnamen ATP untuk menjadi juara Montreal Masters.

Petenis peringkat 23 dunia asal Spanyol itu mengalahkan Hurkacz, yang merupakan unggulan kedelapan 3-6, 6-3, dan 6-3 untuk menjadi petenis nonunggulan pertama yang menjadi juara di Kanada dalam tempo dua dekade.

Carreno Busta memenangkan gelar ATP-nya yang ketujuh namun yang pertama di tingkat Masters 1000 di kesempatan pertama.

Baca juga: Hurkacz Kalahkan Ruud di Semifinal Montreal Masters

"Rasanya luar biasa menjadi juara Masters 1000. Ini adalah gelar terhebat dalam karier saya sejauh ini," ujar Carreno Busta.

"Musim ini mungkin bukan yang terbaik bagi saya. Saya kalah di sejumlah laga yang di musim sebelumnya saya tidak kalah. Namun, saya terus percaya pada tim saya, diri saya, dan permainan saya," lanjutnya.

Hurkacz, sebelumnya, tidak terkalahkan di lima laga final ATP. Namun, rekor itu dirusak Carreno Busta dalam pertandingan yang berlangsung selama 1 jam dan 45 menit.

Carreno Busta menjadi juara Montreal Terbuka pertama yang berperingkat di luar 20 besar dunia setelah Andrei Pavel, berperingkat 43 dunia, pada 2001.

Carreno Busta merupakan petenis Spanyol ketiga yang menjadi juara di Montreal terbuka setelah Rafael Nadal dan Manuel Orantes. (AFP/OL-1)
 

BERITA TERKAIT