12 August 2022, 12:45 WIB

NBA akan Pensiunkan Jersey Nomor 6 Milik Bill Russell


Basuki Eka Purnama |

NBA akan memberikan penghormatan kepada pemain legendaris Boston Celtics Bill Russell dengan memensiunkan jersey nomor 6 yang dipakainya. Hal itu berarti Russell akan menjadi pemain NBA pertama yang jerseynya dipensiunkan oleh NBA.

Logo untuk mengenang pemain yang sukses menjadi juara NBA sebanyak 11 kali itu akan dikenakan di bahu kanan jersey pemain dan logo shamrock bertuliskan nomor 6 akan ditampilkan di lapangan sepanjang musim NBA 2022-23.

"Kesuksesan Bill Russell yang tidak tertandingi baik sebagai pemain NBA maupun aktivitasnya sebagai pembela hak sipil layak dihormati dengan cara yang unik dan bersejarah," ujar Komisioner NBA Adam Silver dalam sebuah pernyataan resmi.

Baca juga: Legenda Celtics Bill Russell Tutup Usia

"Secara permanen memensiunkan jersey nomor 6 untuk seluruh tim NBA akan memastikan karier luar biasa Bill Russell akan selalu dikenang," lanjutnya.

Russell, pemain andalan Celtics, yang memenangkan 11 gelar NBA, yang kemudian menjadi pejuang keadilan sosial, meninggal dunia pada 31 Juli lalu di usia 88 tahun.

Asosiasi Pemain Bola Basket Amerika Serikat (NBPA) Tamika Tremaglio mengatakan serikatnya bangga mendukung keputusan untuk memensiunkan jersey milik Russell.

"Aksi Bill di dalam maupun di luar lapangan sepanjang hidupnya telah membentuk para pemain NBA menjadi lebih baik dan kami sangat berterima kasih karenanya," kata Tremaglio.

Russell mengenakan jersey nomor 6 sepanjang 13 musim bermain di NBA antara 1956 dan 69.

Jersey nomor 6 tidak akan lagi diberikan kepada pemain NBA mana pun meski pemain yang saat ini mengenakan jersey nomor 6, termasuk bintang Los Angeles Lakers LeBron James dan pemain Washington Wizards Kristaps Porzingis dapat mempertahankan nomor itu.

Meski memensiunkan nomor jersey untuk seluruh tim adalah yang pertama di NBA, hal itu sudah jamak dilakukan olahraga lain di AS.

Liga Bisbol AS (NFL) memensiunkan jersey nomor 42 pada 1997 sebagai penghormatan bagi Jackie Robinson, pemain kulit hitam pertama yang berlaga di NFL.

Adapun Liga Hoki Es AS (NHL) saat Wayne Gretzky pensiun pada 1999 mengatakan jersey nomor 99 miliknya akan dipensiunkan. (AFP/OL-1)
 

BERITA TERKAIT