11 August 2022, 18:36 WIB

Tunggal Putra RI Diminta Tampil Lepas di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis


Rifaldi Putra Irianto |

SKUAD tunggal putra bulu tangkis Indonesia siap terjun dalam gelaran Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022. Kurang dari dua pekan jelang kompetisi di Tokyo, Jepang, skuad asuhan Irwansyah itu akan berjuang maksimal demi hasil terbaik.

Setelah absen pada tahun lalu akibat pandemi covid-19, Indonesia akan menurunkan empat pebulu tangkis terbaik, yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo dan tunggal putra non-pelatnas Tommy Sugiarto.

"Kalau persiapannya dari kita sudah bagus. Dari latihannya, dari fokus anak-anak, fisik, serta pikiran, semuanya sudah siap bertanding," ungkap pelatih pelatnas PBSI Irwansyah dalam konferensi pers virtual, Kamis (11/8).

Baca juga: Ada Undangan dari BWF, Chico Aura Ikut Kejuaraan Dunia 2022

Berbicara terkait persaingan di sektor tunggal putra, Irwansyah menyatakan semua pemain memiliki peluang untuk menang, tak terkecuali tiga anak asuhnya. Selama anak didiknya mau bermain lepas sepanjang pertandingan, kesempatan untuk menang terbuka lebar.

"Semua pemain ada kansnya. Kalau dari saya, yang penting pemain-pemain kita ini bisa enjoy dan mereka bisa main lepas," katanya.

"Bukan berarti tidak fokus, tapi dari fokus itu kita harus lebih rileks pikirannya. Supaya bisa menikmati kejuaraannya. Insyaallah hasilnya juga bisa bagus," imbuh Irwansyah.

Baca juga: PB Djarum Kembali Gelar Audisi Umum Setelah Absen Dua Tahun

Melihat hasil undian, Irwansyah mengaku tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Dirinya meminta anak didiknya untuk fokus dari satu babak ke babak lainnya. Dari hasil drawing, Chico berpeluang bertemu dengan tunggal putra nomor satu dunia Viktor Axelsen pada babak ketiga.

Sementara itu, Anthony berpeluang menghadapi Axelsen pada babak perempat final. Sebelum kemudian Jonathan berpeluang bersua Axelsen di babak semifinal. Anthony yang tampil sebagai unggulan keenam, menilai persiapannya sejauh ini sudah cukup.

"Persiapan berjalan dengan baik. Masih ada sisa satu pekan, semoga bisa terhindar dari cedera. Semoga sampai jelang keberangkatan bisa lebih maksimal," tutur Anthony.(OL-11)

BERITA TERKAIT