06 August 2022, 16:15 WIB

Ujian Kejeniusan Ten Hag di Laga Perdana MU


Akmal Fauzi |

ERIK ten Hag berusaha menandai debutnya sebagai manajer Manchester United dengan kemenangan ketika tim berjuluk Setan Merah menjamu Brighton & Hove Albion di Old Trafford di laga perdana Liga Primer 2022-2023 pada Minggu (7/8) malam WIB. Laga ini juga menjadi penegasan keberadaan masa depan sang bintang Cristiano Ronaldo di Old Trafford. 

Ten Hag harus menghadapi debut dengan situasi yang kurang ideal karena Anthony Martial mengalami cedera hanya beberapa hari jelang laga pembuka Liga Primer. Kondisi ini membuat Ten Hag kemungkinan besar menurunkan Ronaldo, namun kondisi fisik pemain berusia 37 tahun tersebut masih perlu dipantau lebih jauh. Jadi kejeniusan sang manajer akan benar-benar diuji di sini.

Baca juga: Indonesia Kembali jadi Tuan Rumah Asia Rugby Sevens Trophy 2022

Ronaldo baru bergabung dengan skuad MU akhir bulan lalu setelah absen hampir selama pramusim karena alasan keluarga. CR7 dikabarkan ingin hengkang karena ingin bermain di Liga Champions musim ini dan memenangkan trofi utama.

Ronaldo tampil selama 45 menit pekan lalu ketika United menjalani pertandingan persahabatan menghadapi Rayo Vallecano yang berakhir seri 1-1.

"Sudah saya katakan sebelumnya, kami merencanakan musim (bersama Ronaldo). Kami memiliki striker top dan saya sangat senang dia ada di sini, dia ada di skuat dan kami tetap pada rencana itu," kata Ten Hag. 

"Saya puas dengan seluruh tim. Ada budaya yang bagus dan Cristiano bekerja sangat keras dan keras," jelasnya. 

Setelah finis keenam di Liga Primer musim lalu, perombakan skuad dilakukan dengan harapan bisa memperbaiki peringkat. Paul Pogba, Edinson Cavani, Jesse Lingard, Nemanja Matic dan Juan Mata telah pergi setelah kontrak mereka berakhir. Setan Merah kemudian memulai musim dengan hanya tiga pemain baru yakni Lisandro Martinez, Tyrell Malacia dan Christian Eriksen.

Incaran terhadap gelandang Barcelona Frenkie de Jong yang sebelumnya menjadi bintang di bawah asuhan Ten Hag di Ajax sejauh ini terbukti tidak membuahkan hasil.

Hasil laga pramusim MU juga belum memuaskan. Selain melawan Rayo, Setan Merah sudah menjalani lima uji coba selama Juli lalu. Hasilnya, MU meraih tiga kemenangan serta sisanya imbang dan kalah. 

Dari tim tamu, Brighton juga telah melakoni lima uji tanding. Dengan hasil menyabet tiga kemenangan dan satu imbang serta satu kali kalah. Melawan MU di laga perdana, apalagi tampil di Old Trafford, tentu menjadi ujian tersendiri bagi Brighton.

"Ini cara yang bagus untuk memulai musim, dan kami bersemangat untuk memulainya," kata Graham Potter. 

Di pertemuan terkahir pada musim lalu, The Seagulls--julukan Brighton--menang atas Setan Merah dengan skor telak 4-0 saat bermain di kandang. Catatan tersebut bisa menjadi modal berharga bagi Brighton untuk setidaknya membuat sulit MU di markas kebanggannya.

"Kami harus berjuang untuk bertahan di liga dan memiliki ambisi agar terus berkembang. Selalu ada tekanan di Liga Inggris. Kami berharap pergi ke Old Trafford dan tampil baik," jelasnya. (Mal/AFP/Sportsmole/OL-6)

BERITA TERKAIT