05 August 2022, 13:32 WIB

Menpora: Negara-Negara Peserta Apresiasi Penyelenggaraan APG 2022


Rifaldi Putra Irianto |

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, mengatakan, para peserta ASEAN Para Games (APG) 2022 dari negara-negara lain merasa takjub dengan pelayanan penyelenggaraan yang diberikan Indonesia.

Dijelaskan Zainudin, para peserta memuji persiapan Indonesia yang dinilai sangat singkat, namun tetap memberikan pelayanan luar biasa baik dan ramah.

"Alhamdulillah hingga hari ini berjalan lancar. Setiap saya bertemu dengan perwakilan negara peserta termasuk dari APSF (Asean Para Sport Federation) semua peserta merasa senang," kata Zainudin dalam keterangan resminya, Jumat (5/8).

"Mereka mengatakan, Indonesia luar biasa, dalam waktu yang sangat singkat dan ternyata lebih dari ekspektasi yang mereka perkirakan. Bagi saya itu menjadi ukuran dan masyarakat sekitar juga berbondong-bondong datang untuk mendukung," tuturnya.

Baca juga: Kerokan Kunci Keberhasilan Setiyo Raih Emas Kedua di APG 2022

Lebih lanjut Zainudin mengatakan, kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan APG 2022, tak lepas dari arahan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo yang memberikan perhatian luar biasa untuk perkembangan atlet para Indonesia.

"Yang menjadi tuan rumah ini (APG 2022) memang seharusnya bukan kita, tapi Bapak Presiden memberikan arahan untuk ambil kesempatan itu, karena jika tidak kita ambil maka atlet para kita ini tidak akan dapat lagi panggung pertandingan, karena terakhir mereka bertanding di tahun 2017 lalu," ujar Zainudin

Zainudin menyatakan, hingga saat ini dirinya belum mendengar adanya keluhan dari para peserta negara-negara lain.

Dengan kondisi tersebut Zainudin pun menilai APG 2022 berhasil mencapai salah satu dari empat target yakni sukses penyelenggaraan.

"Hingga saat ini, hampir tidak ada keluhan. Karena peserta negara-negara lain kita layani sejak masih di dalam pesawat, dokumen dan lainnya tidak perlu mengantri dan langsung tunggu di hotel serta semua fasilitas sudah disesuaikan dengan ramah difabel," tukasnya. (Rif/Kemenpora/OL-09)

BERITA TERKAIT