05 August 2022, 10:30 WIB

Dovizioso Nyatakan Pensiunan Dini dari Dunia Balapan MotoGP


Rifaldi Putra Irianto |

PEMBALAP MotoGP Andrea Dovizioso menyatakan dirinya akan pensiun lebih awal dari kejuaraan balap MotoGP. Pria berusia 36 tahun itu menyebut, dia akan pensiun pada MotoGP San Marino di Misano World Circuit Marco Simoncelli bulan depan.

Tidak menikmati balapannya sepanjang musim ini, Dovizioso merasa lebih baik berhenti dari kejuaraan balap kelas utama itu dan mengucapkan selamat tinggal dengan caranya sendiri di balapan kandangnya di Misano.

"Saya ingin berterima kasih kepada Yamaha dan tim, karena mereka memberi saya dukungan besar dan mereka mengerti saya,” katanya pada Kamis malam di Silverstone dikutip dari motorsport, Jumat (5/8).

“Saya berbicara sangat santai dengan mereka tentang situasi saya. Itu adalah keputusan yang sulit karena setelah 20 tahun selalu sulit untuk mengambil keputusan seperti ini. Tapi tidak apa-apa, dan inilah saatnya untuk mengambil keputusan," imbubnya.

“Ketika Anda seorang pebalap, selama latihan, balapan, dan Anda tidak berada di tempat yang Anda inginkan, pikiran Anda mulai memikirkan banyak hal dan Anda menyadari inilah saatnya. Jadi, ini adalah alasan mengapa saya mengambil keputusan," terangnya.

Pemenang balapan MotoGP 15 kali itu telah berjuang keras sejak beralih ke Yamaha pada musim ini, setelah sempat cuti singkat pada akhir masa jabatannya di Ducati pada akhir musim 2020.

Sepanjang musim ini Dovizioso dapat dikatakan dalam penampilan yang kurang baik, saat ini dia tercatat berada di posisi 22 klasemen pembalap dengan mengoleksi 10 poin.

"Saat Saya memiliki perasaan untuk mengambil keputusan ini, saya mulai berpikir Misano akan menjadi balapan yang tepat. Ini akan menjadi balapan kandang terakhir saya untuk dilakukan dan diakhiri dengan sebuah pesta, dengan senyum lebar dari semua orang, dengan teman-teman dan semua penggemar," terangnya.

Adapun dapat diketahui, Karier Dovizioso di MotoGP dimulai pada 2002 di kelas 125cc, di mana ia menjadi juara dunia pada 2004 sebelum naik ke peringkat ke 250cc pada 2005 dan MotoGP pada 2008 bersama Honda. (Motorsport/OL-13)

baca Juga: Dovizioso akan Pensiun di Misano, Crutchlow Kembali Sebagai Pengganti

BERITA TERKAIT