05 August 2022, 04:30 WIB

Badosa Dipaksa Berjuang Keras oleh Petenis Kualifikasi di San Jose


Basuki Eka Purnama |

UNGGULAN kedua Paula Badosa selamat dari pertandingan ketat dalam perjalanannya meraih kemenangan 6-2, 5-7, dan 7-6 (7/5) atas petenis kualifikasi asal AS Elizabeth Mandlik di turnamen lapangan keras WTA di San Jose, California, Kamis (4/8) WIB.

Setelah dengan nyaman mengantongi set pertama dengan dua break servis, Badosa melakukan break di awal pada set kedua melawan lawannya yang berperingkat 240, yang merupakan putri dari juara Grand Slam empat kali Hada Mandlikova.

Petenis Spanyol itu membalas, namun kembali dipatahkan pada gim ke-11 untuk memberikan kesempatan kepada Mandlik untuk melakukan servis pada set tersebut dan memperpanjang pertandingan.

Baca juga: Kembali Bertanding Setelah Absen Dua Bulan, Osaka Menang di San Jose

Setelah mematahkan servis untuk memimpin 4-3 di set ketiga, Mandlik memiliki dua kali kesempatan untuk melakukan servis untuk set tersebut, tetapi mereka menukar servis break di tiga gim terakhir untuk melalui tiebreak di mana petenis nomor empat dunia Badosa mengunci kemenangan.

Badosa selanjutnya akan menghadapi pemenang pertandingan Jumat (5/8) WIB antara juara Grand Slam empat kali Naomi Osaka dan unggulan keenam asal Amerika Serikat (AS) Coco Gauff.

Superstar Jepang Osaka tidak diunggulkan ketika dia kembali ke turnamen untuk pertama kalinya sejak tersingkir di babak pertama Prancis Terbuka dan mengalami cedera achilles kiri.

Sementara Gauff, runner up Prancis Terbuka, merupakan unggulan keenam.

Di laga lainnya, unggulan ketiga bintang Tunisia Ons Jabeur memainkan pertandingan pertamanya sejak mencetak sejarah dengan menjadi runner-up di Wimbledon, meraih kemenangan sedikit terlambat saat mengalahkan petenis AS Madison Keys 7-5 dan 6-1.

Jabeur akan menghadapi Veronika Kudermetova atau Claire Liu di perempat final, Jumat (5/8).

Jabeur memulai awal yang kuat dengan memimpin 2-0 sebelum Keys melonjak menyalip 5-3. Jabeur merespons dengan memenangkan 10 dari 11 gim berikutnya.

"Saya bersyukur saya bermain di malam hari karena lebih lambat dan itu sedikit membantu saya dengan kondisi," kata Jabeur, dikutip dari AFP.

"Saya tahu itu akan menjadi pertandingan yang sulit bagi saya. Saya hanya mencoba untuk tetap memukul bola sebanyak yang saya bisa. Buat dia memainkan bola lagi dan pada akhirnya saya merasa jauh lebih baik," lanjutnya.

Petenis AS Amanda Anisimova mengalahkan petenis Rep Ceko Karolina Pliskova untuk pertama kalinya dalam lima upaya untuk mencapai perempat final.

Anisimova tertinggal satu set dan satu break dalam perjalanan menuju kemenangan 3-6, 7-5, dan 6-1.

Unggulan ketujuh Daria Kasatkina juga melaju, mengalahkan petenis AS Taylor Townsend 6-4 dan 6-0. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT