03 August 2022, 18:38 WIB

Pemerintah Siapkan 30 Ha di IKN untuk Pusat Pelatihan Timnas RI


Akmal Fauzi |

PRESIDEN Joko Widodo akan menyiapkan 30-50 hektare lahan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk tempat latihan atau training ground timnas sepak bola Indonesia. 

Hal itu disampaikan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan seusai bertemu Kepala Negara, yang didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di Istana Merdeka, Jakarta.

Menurut Iriawan, saat ini tim Presiden sedang mencarikan lokasi yang tepat untuk dibangun lokasi latihan. "Beliau (Presiden) menyampaikan ke saya, 'berapa hektare kira-kira butuhnya?', saya bilang 15 hektare kira-kira, Lalu, dia bilang, '30-50 hektare juga siap'," jelas Iriawan dalam konferensi pers virtual, Rabu (3/8).

Rencananya, lanjut dia, pusat pelatihan sepak bola itu dibangun dengan tujuh lapangan, yang dilengkapi fasilitas pendukung. Pihak federasi juga akan meninjau lokasi yang bakal dijadikan tempat latihan.

"Yang jelas, jarak tempuhnya tidak akan lebih dari satu jam dari bandara. Itu memang persyaratan untuk training camp. Kami bahagia dan terima kasih Presiden," imbuhnya. 

Pembangunan pusat latihan diharapkan bermanfaat untuk pembinaan pemain muda yang terdiri dari berbagai kelompok umur. Diharapkan, bakat atlet muda bisa terasah dengan maksimal melalui pusat latihan dengan fasilitas lengkap di IKN Nusantara.

"Untuk pengecekan, nanti pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong harus ikut dan harus sepakat. Apalagi ini kan dari pemerintah Indonesia," kata Iriawan.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT