01 August 2022, 11:36 WIB

Hasil di GP Hongaria Dongkrak Semangat Hamilton


Basuki Eka Purnama |

JUARA dunia tujuh kali Lewis Hamilton mengatakan performa Mercedes di GP Hongaria, Minggu (31/7), membakar semangatnya untuk meraih kemenangan pertama musim ini ketika kembali balapan setelah jeda musim panas nanti.

Pembalap Inggris itu finis runner-up di depan rekan satu timnya, George Russell, pada balapan yang dimenangi Max Verstappen di Sirkuit Hungaroring itu.

Duet tim Mercedes itu, untuk kedua kalinya secara beruntun, naik ke podium bersama-sama sejak GP Prancis, pekan lalu.

Baca juga: Juara GP Hungaria, Verstappen Mantap Pimpin Klasemen

Capaian mengejutkan yang lain adalah posisi pole yang diraih Russell, Sabtu (30/7), merupakan yang pertama kali bagi Mercedes sejak balapan penultima musim lalu, GP Arab Saudi.

"Apabila kami dapat membawa kecepatan ini ke paruh kedua musim, pastinya kami dapat mulai bertarung dengan mereka," kata Hamilton, seraya menambahkan finis posisi kedua di belakang Verstappen sangatlah memuaskan.

"Ini kali pertama kami dapat bertarung dan bersaing dengan Ferrari."

"Ini sangat besar bagi kami," lanjut pembalap berusia 37 tahun itu, yang memulai balapan dari P7 karena mengalami masalah dengan DRS saat kualifikasi.

Akhir pekan di Hongaria menunjukkan tanda-tanda Mercedes, yang kewalahan dengan mobil yang memantul-mantul di awal musim, mulai menemukan arah.

Tim juara dunia itu kini terpaut hanya 30 poin di belakang Ferrari, dan di saat tim Italia itu sering melakukan blunder strategi, Mercedes bisa saja merebut posisi dua klasemen dari tim yang bermarkas di Maranello itu.

Hamilton, pemegang rekor 103 kemenangan dalam kariernya, mengakui Red Bull memiliki mobil yang lebih kencang pada Minggu (31/7) ketika Verstappen, yang start dari P10, sempat melintir, tapi masih mampu melaju meraih kemenangan.

Akan tetapi, ia menambahkan, Mercedes bisa menang apabila memiliki dua mobil yang start dari depan.

"Saya rasa akhir pekan ini ada peluang untuk menang," kata Hamilton.

"Kami masih membuat progres dan langkah yang sangat besar dan juga memiliki konsistensi ini dan dua podium di dua balapan terakhir, ini memberi kami harapan yang sangat besar dan dorongan untuk paruh keduam" imbuhnya.

Musim balapan F1 akan dilanjutkan di Belgia pada 28 Agustus nanti. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT