01 August 2022, 06:20 WIB

Legenda Celtics Bill Russell Tutup Usia


Basuki Eka Purnama |

LEGENDA NBA Bill Russell, pemain andalan Boston Celtics kala memenangkan 11 gelar NBA yang kemudian rajin menyuarakan keadilan sosial, meninggal dunia di usia 88 tahun. Hal itu diungkapkan keluarganya, Minggu (31/7).

"Bill Russell, pemenang terbesar dalam sejarah olahraga Amerika Serikat, meninggal dunia dengan damai di usia 88 tahun, didampingi oleh istrinya, Jeannine," ungkap pernyataan yang diunggah di media sosial.

Raihan 11 gelar NBA Russell mencakup delapan gelar secara beruntun antara 1959 dan 1966. Gelar MVP Final NBA diberi nama atas nama Russell.

Baca juga: Celtics Perpanjang Kontrak Hauser

Russell membukukan raihan rata-rata 15,1 poin dan 22,5 rebound per pertandingan dalam kariernya. Dia membangun rivalitas dengan Wilt Chamberlain pada 1960-an.

Russell juga merupakan pelatih kulit hitam pertama di NBA dan pemain kulit hitam pertama yang masuk dalam Basketball Hall of Fame pada 1975.

Di luar lapangan, Russell adalah pejuang hak sipil, bahkan menerima penghargaan Presidential Medal of Freedom, penghargaan tertinggi bagi warga sipil, dari Presiden Barack Obama pada 2011.

"Hari ini, kita kehilangan satu orang hebat," ujar Obama lewat Twitter. "Seperti badannya yang tinggi, Bill Ruseell meninggalkan warisan yang tidak kalah tingginya."

"Lebih dari orang lain, Bill tahu bagaimana meraih kemenangan dan bagaimana cara memimpin. Di lapangan, dia adalah juara terhebat dalam sejarah bola basket. Di lur lapangan, dia adalah pejuang hak sipil, sejajar dengan Dr King dan Muhammad Ali."

"Selama puluhan tahun, Bill harus menghadapi ejekan dan vandalisme. Namun, dia tidak membiarkan hal itu membunhgkamnya. Saya belajar banyak dari caranya bermain, melatih, dan cara dia menjalankan hidupnya," lanjut mantan presiden AS itu. (AFP/OL-1)
 

BERITA TERKAIT