21 July 2022, 19:34 WIB

Perbasi Masih Berupaya agar Timnas Ikut Piala Dunia FIBA 2023


Dhika Kusuma Winata |

FEDERASI basket Indonesia, PP Perbasi, masih berusaha agar timnas basket bisa tampil sebagai salah satu peserta Piala Dunia FIBA 2023. 

Perbasi optimistis jika ada peluang lain dan siap mengupayakan komunikasi dengan FIBA. "Kami sedang melakukan pendekatan (ke FIBA). Ya dengan seribu cara, masih banyak jalan," ujar Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih dalam konferensi pers, Kamis (21/7).

Baca juga: Bolden Minta Timnas Indonesia Terus Timba Pengalaman

Sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia FIBA tahun depan, bersama Jepang dan Filipina, animo tinggi kehadiran penonton di Tanah Air diyakini bisa menjadi faktor pertimbangan.

Pasalnya, setiap timnas Indonesia tampil, penonton selalu memenuhi venue. Pemerintah juga tengah membangun venue baru bernama Indonesia Arena di GBK untuk Piala Dunia FIBA. Kapasitasnya pun jauh lebih banyak, yakni 16 ribu penonton.

Baca juga: Timnas Basket Tembus 10 Besar Power Ranking FIBA Asia 2022

Selain faktor besarnya pasar penonton, perkembangan timnas Indonesia yang masuk 10 besar pemeringkatan FIBA di Piala Asia 2022, diharapkan menjadi bahan pertimbangan.

Sebelumnya, timnas basket Indonesia tidak berhasil menempuh jalur kualifikasi Piala Dunia. Pada Piala Asia 2022, FIBA mematok agar Indonesia bisa tembus delapan besar, namun timnas tersisih di babak playoff ketika melawan Tiongkok.(OL-11)


 

BERITA TERKAIT