19 July 2022, 22:05 WIB

Selandia Baru ke Perempat Final Usai Singkirkan Suriah


Dhika Kusuma Winata |

SELANDIA Baru melaju ke babak perempat final Piala Asia FIBA 2022. Tiket ke delapan besar diraih setelah sukses mengalahkan Suriah pada babak playoff di Istora, Jakarta, Selasa (19/7) malam.

Selandia Baru tampil dominan mengunci kemenangan 97-58. Sejak kuarter pertama mereka melesat dengan 25-6 dan mempertahankan keunggulan hingga kuarter keempat.

Lima pemain Selandia Baru mencatatkan skor dua digit dipimpin Taine Murray (16 poin) lalu disusul Flynn Cameron (14 poin), Sam Timmins (12 poin), Sam Mennenga (11 poin), dan Taylor Britt (10 poin).

Di perempat final, skuad asuhan Pero Cameron itu sudah ditunggu Korea Selatan.

Baca juga: Bolden Sebut Tampil di FIBA Asia Cup Jadi Pengalaman Berharga

Sementara itu, Suriah di Piala Asia ini membawa misi lebih dari sekadar basket. Mereka berhasrat melaju jauh untuk menunjukkan negaranya bangkit dan pulih setelah perang berkepanjangan satu dekade.

Pelatih Suriah, Javier Juarez, mengakui skuadnya tidak mampu menampilkan level terbaik di laga tersebut. Ia menilai timnya tak berada di level agresifitas dan fokus yang dibutuhkan untuk membendung Selandia Baru.

"Kami mengira setelah kemenangan atas Kazakhstan dan berada di antara 12 tim Asia serta Oseania yang jauh lebih baik sudah cukup bagi kami. Itu adalah kesalahan besar kami karena kami bisa bermain di level yang lebih baik lagi," ucap Juarez. (R-3)

BERITA TERKAIT