17 July 2022, 12:10 WIB

57 Peserta Ikuti Kompetisi Bhayangkara Offroad 76 di Kota Tomohon


Voucke Lontaan |


SEBANYAK 57 peserta dari berbagai daerah bertarung dalam ajang kompetisi Bhayangkara Offroad 76 di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Mereka akan memperebutkan tropi bergilir Kapolda Sulawesi Utara Inspetur Jenderal Mulyatno, dan uang pembinaan.

Kegiatan yang dibuka Kapolda Sulawesi Utara Irjen Mulyatno, berlangsung di Sirkuit Bhayangkara Tumatangtang, Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Sabtu (16/7).

Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Utara Kombes Jules Abraham Abast, Minggu (17/7), mengatakan, kompetisi ini merupakan hasil kerja sama antara Polres Tomohon, Pemkot Tomohon, Indonesia Off-Road Federation (IOF) dan juga pihak-pihak terkait lainnya, dalam rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022.

Menurut Jules, Kapolda Irjen Mulyatno, mengapresiasi dan menyambut baik kompetisi Bhayangkara Offroad 76 ini. Kegiatan ini  merupakan salah satu event olahraga yang animonya terus meningkat.

"Offroad bukan hanya untuk mengadu skill dalam mengelola kendaraan yang mestinya tidak bisa menembus belantara sampai bisa menembusnya, namun juga diperlukan sportivitas dan kematangan emosional yang tinggi," ujar Jules, mengutip sambutan Kapolda.

Kapolda Mulyatno mengatakan, offroad juga menjadi pelopor-pelopor dalam berbagai kegiatan kemanusiaan. "Seperti menolong korban banjir dan bencana alam lainnya, maupun menembus jalan yang belum bisa ditembus," jelasnya.

Melalui kompetisi offroad ini, lanjut Mulyatno, diharapkan juga bisa menjadi ajang promosi potensi daerah.

 

Sportivitas

 

"Selain untuk meningkatkan kemampuan dan prestasi para pecinta offroad, melalui kompetisi ini diharapkan juga bisa mempromosikan potensi wisata di daerah Tomohon maupun Sulut," katanya.

Mulyatno mengajak panitia dan seluruh peserta agar menjunjung tinggi sportivitas dan berkompetisi dengan sebaik-baiknya. "Kepada para ofisial dan offroader agar masing-masing selalu berpegang teguh pada prinsip-prinsip sportivitas sesuai regulasi yang sudah dibuat oleh IOF. Selamat berjuang, semoga seluruh peserta selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa," tandasnya.

Bhayangkara Offroad 76 ini terbagi dalam kompetisi adventure offroad dan mud racing. Untuk adventure offroad terdiri dari kelas winch dan non winch, sedangkan mud racing terdiri dari under, FFA dan kelas tambahan.
 
Kompetisi berlangsung sejak Kamis hingga Minggu, 14-17 Juli 2022, diikuti 57 peserta baik dari Sulut maupun luar daerah. Bagi para pemenang akan mendapatkan hadiah dan trofi bergilir Kapolda Sulut serta uang pembinaan.

Turut hadir menyaksikan pembukaan kegiatan tersebut, pejabat yang mewakili Forkopimda Sulut, Ketua DPRD Kota Tomohon, Sekda Tomohon selaku Ketua Panitia, Kapolres Tomohon, Dandim 1302/Minahasa, Ketua IOF Pengda Sulut, dan Ketua Pengcab IOF Kota Tomohon. (N-2)

BERITA TERKAIT