14 July 2022, 18:00 WIB

FIBA Puji Keseriusan Indonesia Gelar Piala Dunia 2023


Rifaldo Putra Irianto |

SEKRETARIS Jenderal Federasi Bola Basket Internasional (Sekjen FIBA) Andreas Zagklis memuji keseriusan Indonesia menjadi tuan rumah gelaran Piala Dunia FIBA 2023. Hal itu diungkapkan Zagklis setelah melihat progres pembangunan venue pertandingan Piala Dunia FIBA 2023, yakni Stadion Indonesia Arena di Senayan, Jakarta.

Dalam kunjungannya secara langsung di lokasi pembangunan Stadion Indonesia Arena, Kamis (14/7), Zagklis mengaku takjub dengan progres pembangunan stadion yang dapat menampung sekitar 16 ribu penonton itu, di mana sudah menuntaskan 33% pembangunan sejak Januari 2022.

"Sebuah kehormatan akhirnya bisa datang langsung ke tempat ini, setelah beberapa kali berdiskusi mengenai Piala Dunia 2023. Saya ingin mengatakan bahwa saya semakin yakin gelaran Piala Dunia akan dilaksanakan di sini," tutur Zagklis dalam kunjungannya di Stadion Indonesia Arena, Kamis.


Baca juga: Hadapi Yordania, Eksekusi Tembakan Timnas Indonesia Dituntut Lebih Baik


"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia, Presiden Joko Widodo tentu saja, anggota Dewan FIBA sekaligus Menteri (BUMN) Erick Thohir, federasi (PP Perbasi) juga tentu saja," imbuhnya.

Selain takjub dengan progres pembangunan, Zagklis mengaku terkesima dengan desain dari Stadion Indonesia Arena, yang berkomitmen mendukung konsep energi berkelanjutan.

"Tentu FIBA sangat senang sekali Stadion Indonesia Arena ini menerapkan suistainabilty energy. Saat ini, dunia memiliki perhatian pada upaya-upaya penghematan energi dan penggunaan energi terbarukan yang diwujudkan dalam pembangunan gedung olahraga," terangnya.

Setelah menyaksikan langsung progres pembangunan Stadion Indonesia Arena, Zagklis menyatakan dirinya sudah tidak sabar untuk kembali ke Indonesia dalam penyelenggaraan Piala Dunia FIBA 2023 mendatang.

"Kami tidak sabar untuk datang tahun depan dan merayakan penyelenggaraan Piala Dunia FIBA di indonesia." tukasnya. (OL-16)

BERITA TERKAIT