12 July 2022, 14:53 WIB

Djokovic Pesimistis Dapat Tampil di AS Terbuka 2022


Rifaldi Putra Irianto |

PETENIS Serbia Novak Djokovic masih berharap dapat tampil di turnamen grand slam Amerika Serikat Terbuka 2022 yang dijadwalkan bergulir pada akhir Agustus.

Kebijakan pihak berwenang Amerika Serikat yang menyatakan vaksinasi covid-19 menjadi syarat wajib untuk dapat masuk ke Negeri Paman Sam itu membuat Djokovic dipastikan tidak diizinkan masuk wilayah Amerika Serikat. Pasalnya, Djokovic hingga saat ini belum melakukan vaksin covid-19.

Petenis Serbia itu dideportasi dari Australia karena status vaksinasinya pada Januari lalu membuatnya gagal mempertahankan gelar Australia Terbuka. Kasus serupa juga dipastikan akan kembali menimpa Djokovic jika dia bersikeras masuk Amerika Serikat tanpa vaksinasi covid-19.

"Saat ini saya tidak bisa pergi ke Amerika Serikat, saya berharap ada berita positif, tetapi saya rasa tidak ada banyak waktu, saya tidak tahu. Harapan saya nampaknya akan menjadi abadi," kata Djokovic dikutip dari AFP, Selasa (12/7).

Baca juga:  Meski Jadi Juara di Wimbledon, Djokovic Turun Peringkat

Juara grand slam 21 kali itu menyatakan keinginannya bertanding di Amerika Serikat Terbuka 2022 jika diberi kesempatan. Namun jika tidak mendapat kesempatan, dia akan kembali untuk Amerika Serikat edisi berikutnya

“Saya ingin bermain di Amerika Serikat Terbuka, tetapi jika itu tidak terjadi, itu bukan akhir dunia atau Grand Slam pertama yang harus saya tinggalkan," tutur Djokovic.

"Penting bagi saya untuk tetap sehat baik fisik dan mental, jadi saya masih bisa bermain untuk waktu yang lama dan peluang untuk kembali ke Amerika Serikat Terbuka pasti akan datang," tukasnya.

Jika Djokovic tidak dapat kelonggaran untuk masuk wilayah Amerika Serikat dan mengikuti grand slam penutup musim Amerika Serika Terbuka, dapat dipastikan gelar juara Wimbledon menjadi satu-satunya gelar grand slam yang diraih Djokovic pada musim ini.(AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT