11 July 2022, 22:15 WIB

Perbasi Tunjuk Milos Pejic Kepalai Timnas Indonesia untuk FIBA Asia Cup 2022


Rifaldo Putra Irianto |

PENGURUS Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) mengungkapkan, Pelatih timnas bola basket Indonesia, Rajko Toroman, tidak lagi melatih Indonesia untuk FIBA Asia Cup 2022. Ia digantikan oleh Milos Pejic.

Jadwal FIBA Asia Cup 2022 akan bergulir pada 12-24 Juli 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Timnas bola basket Indonesia yang tergabung di Grup A bersama Arab Saudi, Australia, dan Yordania, dijadwalkan akan memulai perjalanan di FIBA Asia Cup 2022 melawan Arab Saudi pada Selasa (12/6).

Menjelang laga, Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih mengungkapkan bahwa Timnas Bola Basket Indonesia akan didampingi oleh head coach Milos Pejic.

"Nama pemain sudah dirilis, ada 12 orang dan pelatih juga akan dipegang oleh Coach Milos di FIBA Asia Cup," kata Danny Kosasih dalam konferensi pers di GBK Arena, Jakarta, Senin (11/7).

"Dia (Toroman) berpikir ini sudah saatnya untuk junior dia menggantikannya naik ke mimbar ini dengan target yang sama untuk tetap masuk FIBA World Cup dengan finis 8 besar FIBA Asia Cup," ujar Danny menambahkan.


Baca juga: Timnas Bola Basket Putri Cetak Sejarah Di FIBA 3x3 Asia Cup 2022


"Ada beberapa hal yang secara pribadi tidak bisa kami sebutkan karena dia harus segera balik (ke Serbia) karena mungkin ada persoalan yang harus diselesaikan," tutur Danny.

Coach Toro yang merupakan pelatih asal Serbia diikat kontrak PP Perbasi sejak Juni 2019. Dia bekerja mengawal perjuangan timnas di Kualifikasi FIBA World Cup 2023. Namun, kebersamaannya dengan timnas harus diakhiri 11 Juli 2022.

Sementara, Milos yang sama-sama berkewarganegaraan Serbia merupakan junior dari Coach Toro. Sebelum bersama Timnas Bola Basket 5x5 Putra, Coach Milos sukses mengantarkan Satria Muda juara IBL Indonesia musim 2021. Kemudian pelatih kelahiran 22 Oktober 1968 itu dipercaya menangani Indonesia Patriots.

Lebih lanjut, Manajer Timnas Indonesia Jeremy Imanuel Santoso mengatakan bahwa keputusan itu hasil diskusi bersama dan menegaskan bahwa tidak ada masalah internal antara PP Perbasi dan Rajko Toroman.

"Keputusan ini mungkin terlihat secara tiba-tiba, tetapi saya pastikan dari Perbasi dan badan timnas sudah berdiskusi perihal ini sejak lama mungkin setelah SEA Games. Jadi, ini bukan keputusan terburu-buru atau karena emosi," kata Jeremy. (S-2)

BERITA TERKAIT