07 July 2022, 15:16 WIB

Gregoria Jaga Asa Tungal Putri Indonesia di Malaysia Masters 2022


Rifaldi Putra Irianto |

PEBULU tangkis Gregoria Mariska Tunjung, menjaga asa Indonesia di nomor tunggal putri kejuaraan bulu tangkis Malaysia Masters 2022, di mana Gregoria menjadi satu-satunya tunggal putri Indonesia yang tersisa di babak perempat final.

Menghadapi wakil Korea Selatan Kim Ga Eun di babak 16 besar, tunggal putri nomor satu Indonesia itu tampil luar biasa, Jorji -panggilan akrab Gregoria- berhasil menang dalam pertarungan dua set langsung bertempo 25 menit dengan skor akhir 21-11 dan 21-9.

“Puji Tuhan hari ini saya bisa bermain sesuai pola dan strategi permainan yang sudah saya siapkan dari awal. Dari masuk lapangan, saya sudah langsung in dan tidak mau kalah start. Itu kunci kemenangan hari ini,” kata Gregoria dalam keterangan PBSI, Kamis (7/7).

Dalam pertandingan, juara Kejuaraan Dunia Junior 2017 itu hanya ingin menerapkan pola sederhana yaitu ingin membuat lawan tidak nyaman. Karena lawan memiliki postur jangkung, bola-bolanya diarahkan atau dilambungkan agar jauh dari jangkauan lawan. Dengan pola ini, lawan tidak bisa memukul dengan nyaman.

“Dengan strategi semacam ini, lawan tidak nyaman. Akhirnya banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri. Dan kondisi itu sangat menguntungkan saya untuk bermain lebih tenang dan akhirnya bisa menang dengan cepat,” tutur Gregoria.

Baca juga: Apri/Fadia Bertekad Tetap Kompetitif di Malaysia Masters

Pencapaian ini tentu menjadi langkah yang sangat baik untuk pebulu tangkis peringkat 31 dunia itu, pasalnya Jorji sudah dua tahun lebih tidak menginjakkan kaki ke babak perempat final di turnamen BWF Super Series.

Terakhir kali Gregoria mencapai perempat final di turnamen BWF Super Series terjadi pada Januari tahun 2020 lalu di Thailand Masters, saat itu dia berhasil menang atas wakil tuan rumah Busanan Ongbamrungphan dengan pertandingan rubber game 14-21, 21-11 dan 21-10.

Melenggang ke perempat final Malaysia Masters 2022, sayangnya Gregoria dihadapkan lawan yang tidak mudah yakni pebulu tangkis nomor satu dunia Akane Yamaguchi.

Meski di atas kertas Akane Yamaguchi lebih difavoritkan menang, namun Gregoria memiliki bekal bagus untuk menghadapi waki Jepang itu. Pekan lalu di Malaysia Terbuka 2022, Gregoria berhasil mengalahkan Akane Yamaguchi dalam pertandingan dua gim langsung 21-14 dan 21-14.

Tentu besar harapan Gregoria dapat kembali memetik kemenangan dari Akane Yamaguchi. Jika Gregoria kembali berhasil menumbangkan Juara All England 2022 itu, itu akan menjadi kemenangan ketiga bagi Gregoria atas Akane Yamaguchi dalam pertemuan kesebelas kalinya.

"Untuk pertandingan melawan Akane besok, saya sudah melupakan soal kemenangan di Malaysia Open pekan lalu. Saya akan bermain tanpa beban lagi dan mau menampilkan permainan yang maksimal. Saya tidak mikir lagi soal menang atau kalah. Besok saya hanya mau bermain maksimal dan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik,” ucap Gregoria.

Sementara itu, tunggal putri Indnesia lainnya yakni Fitriani gagal melangkah ke babak perempat final setelah dijegal wakil Thailand Ratchanok Intanon dalam pertarungan dua gim langsung 6-21 dan 15-21. (PBSI/OL-4)

BERITA TERKAIT