07 July 2022, 15:00 WIB

AS Turunkan Tim Kuat di Kejuaraan Atletik Dunia 2022


Rifaldi Putra Irianto |

SEDERET atlet Amerika Serikat siap beraksi di Kejuaraan Atletik Dunia 2022 yang akan berlangsung di Eugene, Oregon, Amerika Serikat pada 15-26 Juli.

Tampil sebagai tuan rumah, Amerika Serikat menurunkan tim yang berisikan atlet terbaik dunia, seperti Juara Olimpiade Stacy McLaughlin hingga juara dunia Dalilah Muhammad.

Selain kedua atlet tersebut, di nomor tolak peluru, pemegang rekor dunia dan juara Olimpiade Ryan Crouser akan mengejar gelar one shot put yang sejauh ini luput darinya. Pun akan melakukan persaingan sengit melawan juara dunia yang juga rekan senegaranya Joe Kovacs.

Atlet Amerika lainnya, seperti Nia Ali di nomor lari gawang 100m putri, Donavan Brazier di lari 800m putra, Christian Coleman di lari 100m putra, Grant Holloway di lari gawang 110m, Noah Lyles di lari 200m putra, hingga DeAnna Price di nomor lempar palu putri akan berjuang untuk mempertahankan gelar yang mereka menangkan di Doha 2019 lalu.

Meski diisi sederet atlet terbaik dunia, namun pelari yang sedang naik daun yakni Sha'Carri Richardson tidak akan ikut membela Amerika Serikat. Richardson diketahui tidak dapat berpartisipasi setelah gagal lolos di nomor 100m atau 200m pada turnamen uji coba Amerika Serikat.

Baca juga: Zohri akan Tampil di Kejuaraan Dunia Atletik 2022

Atlet Melissa Jefferson akan menggantikan posisi Richardson, di mana dia memberikan kejutan dalam turnamen uji coba dengan catatan waktu 10,69 detik. Nantinya Melissa akan beradu cepat dengan rekan senegaranya Aleia Hobbs dan Twanisha Terry di acara tersebut.

Sementara itu, Kejuaraan Atletik Dunia 2022 kemungkinan besar akan menjadi kompetisi terakhir bagi atlet putri nomor lari estafet campuran 4x400m Allyson Felix, sebelum atlet berusia 36 tahun itu memutuskan pensiun pada Agustus mendatang.

Sepanjang kariernya, Felix telah mencatatkan sederet pencapaian luar biasa, termasuk meraih 18 medali di kejuaraan dunia dengan 13 medali emas. Karier Felix di kejuaraan Olimpiade juga sangat gemilang, dia tercatat telah mengoleksi 11 medali dengan rincian 7 emas, 3 perak dan 1 perunggu.(AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT