07 July 2022, 13:44 WIB

Tembus Semifinal Grand Slam, Nick Kyrgios: Saya Sangat Bangga


Rifaldi Putra Irianto |

PETENIS Australia Nick Kyrgios, berhasil mencatatkan pencapaian tertinggi sepanjang kariernya di turnamen berlabel grand slam, di mana dia berhasil lolos ke semifinal Wimbledon 2022,  Rabu (6/7) waktu setempat.

Kesuksesan Kyrgios menembus semifinal pertamanya di grand slam, diraih usai mengalahkan petenis Chili Cristian Garin dengan skor 6-4, 6-3 dan 7-6 (7/5).

Kemenangan ini juga mengantarkan Kyrgios menjadi pria Australia pertama yang melaju ke empat besar turnamen grand slam, sejak Lleyton Hewitt yang mencapai tahap itu di AS Terbuka pada 2005 silam.

"Saya tidak pernah berpikir bahwa saya akan berada di semifinal di Grand Slam. Saya pikir kapal itu telah berlayar,” kata Kyrgios dalam wawancara di lapangan, dikutip dari ATP, Kamis (7/7).

Baca juga: Menang Straight Set Atas Garin, Kyrgios ke Semifinal Wimbledon

Kesuksesan ini juga menjadi pembuktian bagi Kyrgios bahwa dia bukan hanya petenis pria yang kontroversial, petenis berusia 27 tahun itu menunjukkan bahwa dia mampu berprestasi.

Sederet kontroversi telah dilakukan Kyrgios baik di dalam lapangan maupun di luar lapangan, Dia bahkan sempat membuat geram sejumlah petenis dengan taktik servis underarm yang pernah dilakukannya pada 2019 lalu.

"Saya tidak melakukan hal-hal hebat di awal kareir saya dan mungkin melewatkan beberapa peluang. Saya sangat bangga dengan cara saya dapat mencapai posisi ini," tuturnya.

Petenis peringkat 40 dunia, yang bermain di perempat final turnamen grand slam ketiga dan pertama sejak Australia Terbuka 2015, selanjutnya akan bertemu unggulan kedua dari Spanyol Rafael Nadal.

Nadal berhasil mencapai perempat final usai melakoni pertarungan ketat melawan petenis Amerika Serikat Taylor Fritz, juara grand slam 22 kali itu membutuhkan waktu 4 jam 21 menit untuk merebut kemenangan 3-6, 7-5, 3-6, 7-5, dan 7-6 (10/4).

Berdasarkan catatan ATP, pertemuan antara Nadal dengan Kyrgios akan menjadi yang kesepuluh kalinya untuk mereka di lapangan tenis profesional. Secara statistik, Nadal unggul dengan 6 kemenangan atas Kyrgios.

Petenis Australia itu membawa misi balas dendam dalam pertemuannya dengan Nadal, pasalnya, dia belum pernah menang dalm tiga pertemuan terakhirnya dengan petenis peringkat empat dunia itu.

Dalam pertemuan terakhir mereka di perempat final Indian Wells Masters pada Maret lalu, Nadal berhasil menang dengan skor akhir 7-6(7/0), 5-7 dan 6-4. (Rif/ATP/OL-09)

BERITA TERKAIT