06 July 2022, 19:08 WIB

Tahun Ini, Ada Dua Turnamen Golf Internasional di Indonesia


Rifaldi Putra Irianto |

SETELAH dua tahun tidak menggelar turnamen golf level internasional akibat pandemi covid-19, Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) akan menggelar dua turnamen golf sekaligus pada Agustus 2022.

Rincian turnamen, yakni Mandiri Indonesia Open 2022 dan turnamen golf wanita bertajuk Simone Asia Pacific Cup. Kedua turnamen akan diselenggarakan di Pondok Indah Golf Course, Jakarta. 

Untuk turnamen Mandiri Indonesia Open 2022, dijadwalkan pada 4-7 Agustus. Sedangkan, Simone Asia Pacific Cup akan bergulir pada 18-20 Agustus.

Baca juga: Menparekraf: Singapura dan Malaysia Jadi Pasar Wisata Golf Belitung

"Selama dua tahun, kami tidak bisa menyelenggarakan Indonesia Open, karena pandemi covid-19. Tahun ini kita bersyukur, kondisi sudah semakin membaik," ujar Ketua Umum PB PGI Murdaya Po dalam konferensi pers, Rabu (6/7).

"Selain Indonesia Open, kami juga akan menyelenggarakan turnamen golf profesional ladies bertajuk Simone Asia Pacific Cup," imbuhnya.

Turnamen Indonesia Open 2022 memperebutkan total hadiah sebesar US$500 Ribu. Lalu, kompetisi Simone Asia Pacific Cup akan memperebutkan total hafiah sebesar US$750 Ribu. 

Murdaya berharap kedua turnamen dapat kembali menggairahkan olahraga golf profesional di Tanah Air. "Ini menjadi semangat baru bagi golf Indonesia. Terutama untuk memacu semangat atlet yang sudah lama tidak ikut kompetisi internasional," pungkas Murdaya.

Baca juga: Tiger Woods Akan Lakukan Comeback di Turnamen Masters

Tak hanya menggairahkan semangat pegolf Indonesia, Indonesia Open 2022 dan Simone Asia Pacific Cup diharapkan berdampak pada pemulihan dan peningkatan industri olahraga pariwisata.

"Semoga dengan dua turnamen ini, semakin banyak pegolf dari luar negeri yang tertarik untuk datang dan bermain di lapangan golf Indonesia. Sehingga, berdampak pada pemulihan dan industri pariwisata olahraga," tuturnya.

Turnamen Indonesia Open merupakan turnamen golf kebanggaan Indonesia sejak 1974, serta telah masuk dalam agenda Asian Tour. Sementara, Simone Asia Pacific Cup menjaidi turnamen pertama yang digelar di Indonesia, sekaligus pertama digelar di luar Korea Selatan.(OL-11)

BERITA TERKAIT