06 July 2022, 12:51 WIB

Ons Jabeur Capai Semifinal Pertamanya di Grand Slam


Rifaldi Putra I |

PETENIS putri asal Tunisia Ons Jabeur berhasil mencatatkan sejarah baru dalam kariernya. Petenis berusia 27 tahun itu sukses mencapai semifinal pertamanya di grand slam.

Jabeur berhasil memetik kemenangan atas petenis Republik Ceko Marie Bouzkova di babak perempat final Wimbledon 2022, Selasa (5/7) waktu setempat. Dalam aksinya di Centre Court, All England Club, unggulan ketiga itu bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Bouzkova, dan kemudian menyelesaikan pertandingan dengan skor akhir 3-6, 6-1 dan 6-1.

Pencapaian ini juga mengantarkan Jabeur sebagai wanita Arab dan Afrika Utara pertama yang berhasil mencapai semifinal grand slam era terbuka. Keberhasilan ini menjadi bukti ketangguhan petenis Arab dan Afrika Utara di tenis profesional.

"Saya sudah lama berharap bisa mencapai tahap ini. Saya beberapa kali kesulitan di perempat final," kata Jabeur dikutip dari WTA, Rabu (6/7).

"Saya berbicara sedikit dengan Hicham Arazi (mantan petenis Maroko dan perempat finalis Grand Slam empat kali) dan dia mengatakan kepada saya, 'Arab selalu kalah di perempat final dan kami muak dengan itu. Tolong hentikan ini,'," tutur Jabeur.

"Saya menjawab pesan Arazi bahwa saya akan mencoba. Saat ini dia sangat senang dengan pencapaian ini dan mengatakan 'Terima kasih telah akhirnya mencapai semifinal. Sekarang Anda benar-benar dapat pergi dan mendapatkan gelar juara'," jelasnya.

Baca juga: Ons Jabeur Ingin Menginspirasi di Wimbledon

Di babak semifinal, Jabeur akan menghadapi petenis Jerman Tatjana Maria yang juga mencapai semifinal pertamanya di grand slam. Akan beradu kuat untuk dapat mencapai prestasi tertinggi dalam karier mereka di grand slam, yakni mencapai babak final. Pertarungan antara Jabeur vs Maria diperkirakan akan berjalan sengit.

Pertandingan antara Jabeur dengan Maria akan menjadi yang pertama setelah empat tahun tak bertemu, pertandingan terakhir mereka terjadi di Beijing, Tiongkok pada 2018 lalu, saat itu Jabeur berhasil menang dalam pertarungan dua set 6-4 dan 6-1.

Dengan Maria memiliki dua kemenangan melawan petenis unggulan sejauh ini di Wimbledon, yakni mengalahkan Maria Sakkari unggulan kelima asal Yunani dan Jelena Ostapenko (Latvia), Jabeur tidak ingin menganggap enteng pertemuannya dengan petenis peringkat 103 dunia itu.

"Dia memiliki perjalanan yang sulit di sini, menang melawan Ostapenko, menang melawan Sakkari. Sungguh, dia bermain sangat bagus. Saya tahu dia bermain sangat bagus di lapangan rumput," ucap Jabeur.

"Saya sangat senang untuknya bahwa dia mendapatkan apa yang pantas dia dapatkan. Saya tahu dia banyak berjuang. Tidak mudah kembali ke tenis profesional setelah memiliki dua bayi. Ini akan menjadi pertandingan hebat di antara kami," jelas Jabeur.(WTA/OL-5)

BERITA TERKAIT