05 July 2022, 18:32 WIB

Trofi Piala Asia FIBA Mulai Dipamerkan di Jakarta


Dhika Kusuma Winata |

INDONESIA bersiap menjadi tuan rumah turnamen basket Piala Asia FIBA 2022 yang akan digelar di Istora GBK, Jakarta. Trofi Piala Asia sudah tiba di Jakarta dan akan dipamerkan di beberapa lokasi terbuka bagi masyarakat.

"Kita harapkan partisipasi masyarakat supaya basket makin dikenal dan digemari sehingga menjadi olahraga makin populer. Tentunya juga agar masyarakat mendukung timnas," kata Ketua Panitia Pelaksana FIBA Asia 2022 Junas Miradiarsyah dalam seremoni tur trofi di Pos Bloc Jakarta, Selasa (5/7).

Trofi tur Piala Asia itu menjadi rangkaian menyemarakkan turnamen yang akan digelar 12-24 Juli dengan dukungan Kemenparekraf dan Pemprov DKI Jakarta.

Junas menjelaskan trofi akan berkeliling di sejumlah lokasi di ibu kota yakni Pos Bloc (5 Juli), kemudian Bundaran HI, Monas, dan Kota Tua (6 Juli), stasiun MRT Istora dan GBK (7 Juli), lalu di Sarinah (8 Juli).

Agenda festival dribel bola basket secara massal juga akan digelar di kawasan GBK Senayan pada 9 Juli. Masyarakat diajak untuk menyemarakkannya melalui foto dengan trofi dan mengunggahnya di media sosial.

"Kita yakin basket itu menarik bukan hanya dimainkan tapi juga ditonton. Tur trofi ini salah satu upayanya (mempopulerkan basket)," ucap Junas.

"Ini bukan sekadar event, ini juga momentum untuk kita semua karena 20-30 tahun lagi belum tentu terulang. Kita sudah meraih emas SEA Games kemudian terakhir kali kita menjadi tuan rumah Piala Asia pada 1993," imbuhnya.

Terkait kesiapan Istora yang menjadi lokasi pertandingan, Junas mengatakan persiapan sudah 99% dan FIBA sudah melakukan pengecekan.

Istora beberapa hari lalu juga menjadi arena laga kualifikasi Piala Dunia ketika timnas melawan Arab Saudi dan Yordania. Adapun tim-tim peserta Piala Asia diperkirakan mulai tiba di Jakarta pada 9 Juli.

"Evaluasi pasti ada terkait teknis dan nonteknis tapi kemarin pertandingan kualifikasi menjadi test event dan bisa dibilang 99% kita siap. (Pihak) FIBA sudah datang ketika pertandingan kualifikasi untuk melihat dan kita dinyatakan siap untuk menyelenggarakan Piala Asia," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT