05 July 2022, 15:13 WIB

Zacha/Bela dan Putri KW Lolos ke Babak Utama Malaysia Masters 2022


Rifaldi Putra Irianto |

PASANGAN ganda campuran bulu tangkis Indonesia Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela harus berjuang keras untuk dapat lolos ke babak 32 besar Malaysia Masters 2022.

Memulai perjalanan dari babak kualifikasi pada Selasa (5/7), Zacha/Bela mendapat perlawanan ketat dari pasangan Jerman Jan Colin Voelker/Stine Kuespert. Berjuang dalam pertandingan selama 58 menit, Zacha/Bela berhasil menang rubber game 14-21, 21-19 dan 21-15.

Fokus yang belum stabil dan kondisi angin kencang di lapangan, diakui Zacha/Bela menjadi salah satu faktor yang membuat mereka belum dapat tampil maksimal di hari pertama.

"Start kami sudah enak sebenarnya, di gim pertama sudah unggul jauh juga. Hanya beberapa kali servis dari Kuespert menyulitkan kami jadi terkejar. Setelah terkejar kami malah jadi panik dan ragu-ragu mainnya apalagi angin juga cukup kencang. Di gim kedua dan ketiga kami coba main nothing to lose saja," kata Zacha dalam keterangan resmi PBSI, Selasa (5/7).

"Fokus kami juga masih belum stabil, masih naik dan turun. Jadi tadi sudah unggul jauh bisa terkejar," imbuh Bela.

Di babak 32 besar, Zacha/Bela akan melawan Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran dari Thailand. Pasangan ganda campuran peringkat 61 dunia ini tentunya mengincar kemenangan, apalagi secara persiapan mereka sudah cukup bagus.

Zacha/Bela sudah tiba di Malaysia sejak pekan lalu, menunggu daftar tunggu untuk masuk ke Malaysia Open 2022. Tapi sayang memang belum tercapai. Sebagai ganti, mereka akhirnya menjalani latihan intensif untuk menghadapi Malaysia Masters 2022.

"Persiapan kami cukup bagus, kami juga sudah tiba di Malaysia dari minggu lalu. Kami ingin menang melawan pasangan Thailand," ujar Zacha.

Baca juga: Zacha/Bela Gagal Melaju ke Final Orleans Masters 2021

Berkaca dari pertandingan babak kualifikasi, Zacha/Bela menyatakan mereka harus dapat menjaga fokus dengan baik sepanjang pertandingan, serta harus pintar-pintar mengontrol arah angin.

"Tapi kami memang harus menaikkan level fokus dan mengontrol arah angin dengan baik di pertandingan besok," jelasnya.

Sementara itu di nomor tunggal putri, wakil Indonesia Putri Kusuma Wardani juga berhasil menembus babak 32 besar Malaysia Masters 2022. Putri menang atas wakil Taiwan, Wen Chi Hsu dalam pertandingan dua gim langsung 21-16 dan  21-16.

Tampil terlalu bernafsu pada gim pertama, membuat Putri sempat melakukan banyak kesalahan sendiri, beruntungnya pebulu tangkis peringkat 47 dunia itu dapat segera meredam nafsu dan tampil lebih sabar untuk merebut kemenangan.

"Di gim pertama tadi saya sudah tahu lapangannya menang angin, tapi di awal-awal malah saya tambahin tenaga. Jadi pukulannya out semua. Setelah interval pelatih bilang ke saya untuk lebih banyak menurukan bola dan pegang bola depannya dan itu berhasil saya terapkan," ucap Putri.

"Di gim kedua polanya sama dan harus lebih kontrol bolanya. Saya ada tegang tadi, tapi alhamdulillah bisa teratasi," sambung Putri.

Di babak 32 besar, Putri sudah ditunggu pebulu tangkis peringkat 32 dunia asal Tiongkok Zhang Yi Man. Yang mana itu akan menjadi pertemuan perdana untuk mereka

Tersingkir di babak 32 besar Malaysia Open 2022 pekan lalu, dari tunggal putri Denmark Line Højmark Kjaersfeldt, membawa pelajaran penting bagi Putri. Ini yang akan coba diperbaiki di turnamen kali ini.

"Minggu lalu saat kalah dari Line, di gim ketiga saya mengubah pola sendiri. Ini salah dan harus diperbaiki. Di sini saya harus lebih konsisten menerapkan pola main yang sudah disiapkan," jelas Putri.

"Besok main bagus saja, nothing to lose karena semua lawan di atas (peringkat) saya. Harus banyak-banyak ambil pengalaman juga dari setiap pertandinhan," tukas Putri.(PBSI/OL-5)

BERITA TERKAIT