04 July 2022, 06:15 WIB

Zhou Sebut Halo Selamatkan Nyawanya dalam Kecelakaan di GP Inggris


Basuki Eka Purnama |

ZHOU Guanyu menyebut halo menyelamatkan nyawanya setelah pembalap Alfa Romeo itu tidak mengalami cedera apa pun dalam kecelakaan beruntun di awal GP Inggris, Minggu (3/7).

Mobil pembalap Tiongkok itu terlempar ke udara dan mendarat terbalik. Namun, Zhou berhasil selamat setelah halo menyebabkan kepanya tidak menghantam aspal saat mobilnya meluncur terbalik di sirkuit sebelum berhenti setelah menabrak baier ban.

Marshal balapan langsung datang untuk menyelamatkan Zhou dari dalam mobilnya.

Baca juga: Sainz Raih Kemenangan Pertama dalam Kariernya di GP Inggris

George Russell, Esteban Ocon, Yuki Tsunoda dan Alex Albon juga terlibat dalam kecelakaan beruntun yang menyebabkan laga dihentikan selama satu jam oleh bendera merah.

Para pembalap lain, termasuk Russell langsung keluar dari mobil mereka selepas kecelakaan dan berusaha membantu Zhou.

Rekan setim Zhou, Valtterri Bottas, lewat sambungan radio mengatakan, "Zhou dalam keadaan sadar dan bisa berbicara. Dia tidak mengalami patah tulang. Melihat apa yang terjadi, kondisi dia amat sangat baik."

Zhou, bersama Albon diterbangkan dengan helikopter ke Rumah Sakit Coventry untuk pemeriksaan lebih lanjut sebagai tindakan pencegahan.

FIA kemudian mengumumkan kedua pembalap dalam keadaan sehat dan telah meninggalkan rumah sakit.

Zhou bahkan kembali ke sirkuit untuk menyaksikan sisa balapan GP Inggris yang dimenangkan oleh Carlos Sainz.

Dia kemudian mencicit, "Saya baik-baik saja. Halo menyelamatkan nyawa saya hari ini. Terima kasih atas dukungan Anda semua."

Ini bukan kali pertama halo disebut menyelamatkan nyawa pembalap Formula 1. Musim lalu, Lewis Hamilton memuji halo karena menyelamatkan nyawanya setelah mobil Max Verstappen mendarat di atas mobilnya di Monza. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT